Categories
Biologi

Retikulum Endoplasma – Pengertian, Jenis, Fungsi dan Struktur Retikulum Endoplasma lengkap dengan penjelasannya

Retikulum Endoplasma merupakan salah satu jenis organel sel yang berbentuk saluran yang terhubung dengan inti. Retikulum Endoplasma berfungsi dalam transport zat dan sebagai tempat menempelnya ribosom. Retikulum Endoplasma merupakan bagian sel yang terdiri dari sistem membran dan terdiri dari ruangan-ruangan kosong yang tertutupi oleh membran dengan ketebalan sekitar 4 nanometer atau sekitar 10meter.

Sebagai bagian dari sel yang terdiri dari sistem membran, retikulum endoplasma memiliki beberapa fungsi yang akan di bahas dibawah ini. Berikut ini akan dibahas tentang pengertian Retikulum Endoplasma, pengertian, fungsi, jenis dan struktur lengkap dengan penjelasannya.

Baca Juga : Fungsi dan Jenis Organel Sel

Pengertian Retikulum Endoplasma

Retikulum Endoplasma (RE) adalah kantung membran bagian dari sistem endomembran dengan jumlah banyak yang hampir meliputi separuh dari total membran dalam sel eukariotik.

Retikulum Endoplasma (RE) terdiri dari sisterne (cisternae) yaitu jaringan tuluba dan gelembung membran yang berbentuk kotak atau peti. Membran tersebut memiliki hubungan langsung dengan selubung nukleus (nuclear envelope), karena hal itulah ruang antara kedua membran selubung tersebut bersambung dengan ruang sisternal pada RE.

Berdasarkan daerahnya, retikulum endoplasma dibagi menjadi dua bagian yaitu RE Halus dan RE Kasar yang keduanya memiliki struktur dan fungsi yang berbeda.

Baca Juga : Pengertian Ribosom 

Jenis Retikulum Endoplasma (RE)

Retikulum Endoplasma (RE) Kasar

RE kasar adalah daerah Retikulum Endoplasma (RE) yang memiliki tekstur kasar karena dibagian permukaan Retikulum Endoplasma terdapat bintik-bintik ribosom dan memiliki peran dalam sintesis protein. Fungsi dari retikulum endoplasma adalah sebagai tempat melakukan proses sintesis protein.

Retikulum Endoplasma (RE) Halus

Berbeda dengan RE Kasar, Retikulum Endoplasma (RE) Halus adalah daerah Retikulum Endoplasma (RE) dengan permukaan halus karena tidak terdapat bintik bintik ribosom yang berfungsi membantu beberapa proses metabolisme seperti sintesis lipid, metabolisme karbohidrat dan konsentrasi kalsium, serta detoksifikasi obat-obatan dan sebagai tempat melekatnya reseptor pada protein membran sel tersebut.

Retikulum Endoplasma (RE) Sarkoplasmik

Retikulum endoplasma (RE) Sarkoplasmik adalah jenis khusus dari Retikulum Endoplasma Halus yang ditemukan pada otot licin dan otot lurik. Bedanya pada retikulum endoplasma halus terdapat kandungan protein yang mensistesis molekul, sedangkan pada Retikulum endoplasma (RE) Sarkoplasmik berperan untuk menyimpan dan memompa ion kalsium dan berfungsi untuk memicu kontraksi otot.

Baca Juga : Pengertian Sel Eukariotik

Fungsi Retikulum Endoplasma

Berikut ini adalah beberapa fungsi dari Retikulum endoplasma, yaitu:

  • Mendukung sintesis protein yang menyalurkan bahan genetika yang berada di antara inti sel dengan sitoplasma.
  • Alat transportasi zat yang ada dalam sel tersebut.
  • Menjadi kalsium yang akan dikeluarkan dari Retikulum Endoplasma lalu menuju ke sitosol.
  • Memodifikasi protein yang disintesis oleh ribosom yang nanti disalurkan ke kompleks golgi dan akhirnya dikeluarkan dari sel.
  • Mensintesis lemak dan kolestrol yang ada di hati, namun fungsi ini hanya bisa diberikan oleh Retikulum Endoplasma halus dan
  • Retikulum Endoplasma kasar.
  • Menetralkan racun atau proses detoksifikasi pada RE
  • Sebagai sarana transportasi molekul-molekul dan bagian sel satu ke bagian sel lainnya.

Baca Juga : Pengertian Sel Prokariotik

Struktur Retikulum Endoplasma

Retikulum Endoplasma merupakan jaringan membran seperti kantung yang tertahan oleh sitoskeleton, yaitu membran fosfolipid yang membungkus ruang lumen dari sitosol dan kontinu dengan ruang perinuklear.

Retikulum Endoplasma memiliki permukaan yang kasar karena terdapat ribosom untuk memproduksi protein sehingga memberikan penampilan kasar yang disebut dengan Retikulum Endoplasma Kasar.

Sedangkan Retikulum Endoplasma Halus terdiri dari tubulus yang berada di dekat pinggiran sel. Jaringan ini berfungsi untuk meningkatkan luas permukaan untuk menyimpan enzim penting dan produk-produk enzim.

Fungsi Retikulum Endoplasma kasar yaitu untuk mensintesis protein, sedangkan Retikulum Endoplasma halus untuk mensintesis lipid dan steroid. Serta memetabolisme karbohidrat dan mengatur konsentrasi kalsium, detoksifikasi obat, dan sebagai tempat melekatnya reseptor pada membran sel.

Retikulum Endoplasma memiliki luas yang bervariasi yaitu mulai membentang membran sel melalui sitoplasma serta membentuk koneksi kontinu dengan nukleus.

Baca Juga : Pengertian Pembelahan Sel

Demikian artikel mengenai Pengertian Retikulum Endoplasma. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda mengenai pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.