√ Jaringan Penyusun Daun Dikotil, Fungsi dan Penjelasannya [LENGKAP]

Posted on

Jaringan Penyusun Daun Dikotil – Daun adalah organ tumbuhan yang menempel pada batang yang berfungsi sebagai tempat melakukan fotosintesis. Daun menjadi salah satu struktur tumbuhan yang memiliki peran penting pada tumbuhan. Selain untuk proses fotosintesis, daun berfungsi juga sebagai tempat pengeluaran air melalui transpirasi dan gutasi, menyerap karbondioksida dari udara serta sebagai proses respirasi. Didalam tumbuhan terdapat tumbuhan dikotil dan monokotil, kedua tumbuhan tersebut memiliki perbedaan salah satu perbedaannya yaitu pada struktur jaringan daunnya. Kali ini IPA akan membahas tentang Jaringan Penyusun Daun Dikotil dan Penjelasannya.

Tumbuhan dikotil adalah tumbuhan berbunga yang memiliki biji berkeping dua. Tumbuhan dikotil memiliki sepasang daun lembaga yang sering disebut kotiledon, sifat biji dikotil sangat mudah ketika dibelah menjadi dua. Tumbuhan yang termasuk kedalam tumbuhan dikotil antara lain jarak-jarakan , polong-polongan, jambu-jambuan . dan terong-terongan. Berikut ini struktur jaringan daun tumbuhan dikotil.

Baca : Jaringan Palisade pada Daun

Jaringan Penyusun Daun Dikotil

Struktur jaringan daun dibedakan menjadi 2 yaitu struktur jaringan Luar daun dan struktur jaringan dalam daun. Struktur jaringan luar terdiri dari helain daun (lamina), tangkai daun (petiolus) dan pelepah daun (folius). Sedangkan struktur jaringan dalam terdiri dari epidermis daun, mesofil daun ( jaringan dasar ), berkas pengangkut daun, dan jaringan tambahan daun. Untuk lebih jelasnya, berikut ini jaringan penyusun daun dikotil dan penjelasannya.

[su_table]

No. Jaringan Letak Fungsi Ciri – Ciri
1. Epidermis Menyusun lapisan permukaan atas dan bawah daun. (1) Melindungi lapisan sel di bagian dalam dari kekeringan.

(2) Menjaga bentuk daun agar tetap.

Terdiri dari satu lapis sel kecuali tanaman Ficus (tanaman karet).
2. Kutikula Melapisi permukaan atas dan bawah daun. Zat kutin pada kutikula mencegah penguapan air melalui permukaan daun. Penebalan dari zat kutin.
3. Stomata Melapisi permukaan atas dan bawah daun. (1) Sebagai jalan masuk dan keluarnya udara.

(2) Sel penjaga sebagai pengatur membuka dan menutupnya stomata.

Mulut daun pada epidermis dengan dua sel penutup.
4. Rambut dan
kelenjar
Permukaan atas dan bawah daun. Alat pengeluaran. Alat tambahan pada epidermis.
5. Mesofil Di antara lapisan epidermis atas dan bawah. Tempat berlangsungnya fotosintesis. (1) Terdiri dari sel parenkim, banyak ruang antarsel.

(2) Kebanyakan berdiferensiasi menjadi palisade (jaringan tiang) dan spons (jaringan bunga karang).

(3) Sel-sel jaringan tiang berbentuk silinder, tersusun rapat, dan mengandung klorofil.

(4) Sel-sel jaringan bunga karang bentuknya tidak teratur, bercabang- cabang dan berisi kloroplas, susunannya renggang.

6. Urat daun Pada helai daun. Transportasi zat. Menyirip atau menjari.

[/su_table]

Baca : Jenis-Jenis Tulang Daun pada Tumbuhan

Demikian artikel mengenai Jaringan Penyusun Daun Dikotil. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda mengenai pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.