Categories
Biologi Lainnya

Membran Plasma – Pengertian, Fungsi, Sifat dan Struktur Membran Plasma Lengkap dengan Penjelasannya

Membran plasma merupakan salah satu jenis organel sel sebagai lapisan pemisah sel dari lingkungan sekitarnya yang berfungsi untuk melindungi sel dan sebagai sarana perpindahan keluar masuk material sel. Dalam membran plasma terdapat sitoplasma yaitu cairan tempat organel-organel sel berada dan sebagai tempat terjadinya aktivitas sel.

Membran sel terletak dibagian terluar sel dalam protozoa dan sel hewan. Membran sel secara selektif permeabel. Membran sel memiliki struktur dan beberapa fungsi yang akan dijelaskan dibawah ini.

Baca Juga : Pengertian Retikulum Endoplasma

Pengertian Membran Plasma

Membran Plasma adalah salah satu sel yang mampu membatasi bagian dalam sel terhadap lingkungan sekitarnya dan dimiliki oleh semua jenis sel. Membran sel terletak dibagian terluar sel dalam protozoa dan sel hewan, namun pada sel tumbuhan dan bakteri, membran plasma terletak di bagian bawah dinding sel.

Membran sel memiliki sifat permeabel yang akan menyeleksi molekul-molekul mana saja yang diijinkan masuk ke dalam sel. Beberapa molekul mampu lewat dengan mudah, namun beberapa juga harus melewati molekul transport atau ada juga yang tidak dapat melewati sama sekali.

Keluar masuk transportasi molekul dibedakan menjadi transport pasif dan transport aktif. Transport pasif terjadi begitu saja tanpa membutuhkan energi, sedangkan pada transport aktif membutuhkan energi.

Baca Juga : Pengertian Pembelahan Sel

Fungsi membran sel yaitu untuk melindungi inti sel dan sistem kelangsungan hidup yang bekerja dalam sitoplasma, selian itu terdapat beberapa fungsi lainnya dari membran sel seperti dibawah ini.

Fungsi Membran Plasma

Berikut ini beberapa fungsi dari membran sel, antara lain:

  • Mendukung struktur sel
    Membran sel memiliki fungsi utama sebagai penyokong terluar struktur sel, serta mencegah agar bentuk sel tidak berubah. Selain itu membran sel juga berfungsi menjaga isi bagian dalam sel agar tidak keluar sel.
  • Sebagai tempat melekatnya sitoskeleton
    Sitoskeleton merupakan rangka suatu sel, sedangkan adanya membran sel berfungsi sebagai temoat melekatnya sitoskeleton.
  • Sebagai pelindung sel
    Fungsi membran sel selanjutnya yaitu melindungi sel dengan menyeleksi setiap senyawa yang diijinkan masuk dan keluar sel. Membran sel juga mengizinkan senyawa keluar masuk sel diantaranya seperti oksigen dan air.
  • Komunikasi sel
    Dalam membran sel terdapat reseptor protein yang mengikat beragam senyawa dalam tubuh. Reseptor tersebut memberikan sinyal kepada sel untuk memasukkan senyawa-senyawa tersebut masuk dalam sel. Proses tersebut tentunya sesuai dengan proses produksi senyawa protein tertentu.
  • Mengatur perkembangan sel
    Fungsi lainnya dari membran sel yaitu mengatur perkembangan sel melalui proses endositas dan eksositosis. Proses endositos merupakan proses memasukkan senyawa untuk pertumbuhan sel dalam sel. Sedang proses eksositos merupakan proses mengeluarkan senyawa berlebih yang tidak lagi digunakan keluar sel.

Baca Juga : Pengertian Sel Prokariotik

Sifat Membran Plasma

Berikut ini beberapa sifat yang dibawa oleh membran sel, antara lain:

Berdasarkan sifatnya, membran Plasma memiliki sifat dinamis dan asimetris, berikut penjelasannya:

  • Membran sel bersifat dinamis karena terdapat struktur seperti air, sehingga memungkinkan molekul lipid dan protein untuk bergerak.
  • Membran sel bersifat asimetris karena memiliki komposisi protein dan lipid dibagian luar yang tidak sama dengan komposisi protein dan lipid yang berada di bagian dalam sel.

Berdasarkan kemampuannya, sifat membran sel dibagi menjadi 3 yaitu impermeabel, permeabel, dan semipermeabel, berikut penjelasannya:

  • Impermeabel adalah sifat membran yang tidak mengijinkan zat apapun di luar sel untuk bisa masuk ke dalam sel.
  • Permeabel adalah sifat semua zat yang dapat melewati membran sel untuk masuk dalam sel. Umumnya sifat ini memiliki membran sel yang rusak atau hampir mati hingga sel dapat bertahan hidup.
  • Semipermeabel adalah keadaan dimana hanya terdapat zat-zat tertentu yang dibutuhkan sel yang dapat masuk ke dalam sel, dan biasanya membran sel normal yang memiliki sifat semipermeabel.

Baca Juga : Pengertian Sel Eukariotik

Struktur Membran Plasma

Membran sel memiliki struktur yang hampir sama dengan setiap jenis sel lainnya. Secara struktur membran plasma tersusun dari fosfolipid yaitu fosfolipid bilayer dengan dua lapisan lemak yang berikatan dengan fosfat. Bagian struktur membran sel antara lain:

Protein Membran

Protein membran merupakan sebuah protein yang terjadi pada membran sel, meskipun struktur membrannya adalah fosfolipid namuan protein dalam fosfolipid dapat mencapai lebih dari 50% berat sebuah membran. Protein tersebut tejadi karena terdapat sebuah struktur dalam ptotein yang lebih besar dan lebih kompleks dibandingkan dengan lemak.

Kolesterol

Kolesterol pada membran plasma merupakan gugus hidroksilpolar dan molekul fosfolipid yang letaknya dekat kepala fosfolipid. Kolesterol memiliki fungsi penting pada membran plasma. Ketika kondisi lingkungan panas, kolesterol berfungsi menghambat pergerakkan fosfolipid sheingga mencegah fosfolipid menjadi terlalu cair.

Glikolipid Dan Glikoprotein

Glikolipid merupakan molekul karbohidrat yang berikatan dengan lemak, sedangkan Glikoprotein merupakan molekul karbohidrat yang berikatan pada sebuah molekul protein. Keduanya berfungsi untuk mengidentifikasi sel.

Sitoskeleton

Sitoskeleton atau tulang sel berfungsi untuk mempertahankan adanya sebuah posisi dan bentuk organel sel. Sitoskeleton terdiri dari dua jenis yaitu mikrofilamen dan mikrotubulus.

Baca Juga : Pengertian Ribosom 

Demikian artikel mengenai Pengertian Membran Plasma Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda mengenai pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.