Categories
Biologi

Tumbuhan yang Berkembang Biak dengan Tunas

Tumbuhan yang Berkembang Biak dengan Tunas Berkembang biak adalah kebutuhan mendasar yang sangat dibutuhkan oleh setiap makhluk hidup untuk dapat mempertahankan populasi jenisnya. Ada dua proses perkembangbiakan, yaitu perkembangbiakan generatif dan juga perkembangbiakan vegetatif atau perkembangbiakan secara kawin dan tak kawin, baik pada tumbuhan atau hewan. Namun kali ini IPA akan mengulas tentang perkembangbiakan vegetatif pada tumbuhan yang berkembang biak dengan tunas.

Tumbuhan memiliki perkembangbiakan generatif dan perkembangan vegetatif yang keduanya memiliki contoh masing-masing. Perkembangbiakan generatif pada tumbuhan adalah proses jatuhnya benang sari pada putik, yang kemudian di ikuti dengan proses pertemuan sel gamet. Sedangkan perkembangan vegetatif pada tumbuhan adalah proses perkembangbiakan yang tidak diikuti dengan proses pertemuan sel gamet. Proses perkembangbiakan vegetatif pada tumbuhan memiliki contoh yang sangat beragam. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan dibawah ini tentang proses perkembangbiakan tumbuhan dengan tunas dan contohnya.

Baca : Perkembangbiakan Generatif Tumbuhan

Proses Tumbuhan Berkembang Biak dengan Tunas

Sebagian tumbuhan berkembang biak dengan cara bertunas. Ada tumbuhan yang bertunas disamping tumbuhan induknya, ada pula yang bertunas pada daunnya. Tunas adalah bagian tumbuhan baru yang muncul dari bagian-bagian tumbuhan induknya.

Berkembang biak dengan tunas adalah reproduksi aseksual organisme baru yang tumbuh pada organisme yang sama. Organisme baru tetap melekat seiring dengan pertumbuhannya, dan akan memisahkan dari organisme induk ketika sudah matang. Karena reproduksi aseksual, oraganisme yang dibuat adalah klon dan secara identik dengan organisme induk, yaitu sebuah organisme baru yang tumbuh dari hasil atau kuncuk pada induknya.

Proses pembentukan tunas berhubungan erat dengan letak jaringan tumbuhan itu sendiri. Pada tumbuhan dengan kondisi normal, tunas akan tumbuh pada bagian ujung tumbuhan tersebut. Asupan nutrisi pada tumbuhan menjadi salah satu unsur yang digunakan untuk pembentukan tunas baru. Jaringan yang berperan aktif dalam pembentukan tunas adalah jaringan meristem.

Tunas memiliki jenis-jenis dan karakteristik yang berbeda-beda. Namun setiap individu baru yang muncul dari tunas akan memiliki sifat asli dari indukan. Jenis tunas yang dapat ditemukan seperti, tunas daun, tunas batang dan tukas akar.

Ada dua jenis perkembangbiakan secara vegetatfi, yaitu Perkembangbiakan Tunas Vegetatif Alami dan Perkembangbiakan Tunas Vegetatif Buatan.

  • Perkembangbiakan tunas vegetatif alami adalah perkembangbiakan vegetatif yang terjadi tanpa bantuan dari luar atau eksternal.
  • Perkembangbiakan tunas vegetatif buatan adalah perkembangbiakan vegetatif yang terjadi karena bantuan tangan manusia, seperti proses stek, mencangkok, okulasi, Kopulasi dan lainnya.

Baca : Struktur Organ Pada Tumbuhan 

Contoh Tumbuhan yang Berkembang Biak Bertunas

Berikut ini beberapa contoh tumbuhan yang berkembang biak dengan bertunas dan sering ditemukam ditemukan. Berikut beberapa contohnya.

Pohon Pisang

Pohon pisang termasuk jenis tumbuhan terna yang memiliki ciri batang lunak dan tidak membentuk kayu. Pisang merupakan salah satu tumbuhan dari suku Musaceae. Pisang memiliki banyak spesies yang sangat beragam. Pisang merupakan salah satu tumbuhan yang berkembang biak dengan bertunas. Tunas baru akan muncul dari bagian batang yang menjadi tumbuhnya akar.

Tanaman Cocor Bebek

Taksonomi tumbuhan cocor bebek merupakan salah satu spesies tumbuhan yang berasal dari famili Crassulaceae. Cocor bebek temasuk jenis sukulen, yaitu umbuhan yang memiliki kandungan air cukup tinggi. Tanaman cocor bebek disebut sebagai tumbuhan invasif karena penyebarannya yang cukup cepat. Cocor bebek merupakan salah satu jenis tumbuhan yang berkembangbiak degan tunas. Perkembangbiakan tersebut dilakukan dengan menggunakan tunas daun.

Pohon Bambu

Bambu merupakan salah satu jenis tumbuhan tergolong rumput-rumputan yang memiliki ciri batang yang berongga dibagian dalam, serta memiliki ruas-ruas.

Contoh lainnya : Lidah buaya, Tebu, dan sebagainya.

Baca :Ciri-Ciri Khusus Tumbuhan Kaktus 

Demikian artikel mengenai Proses Tumbuhan yang Berkembang Biak dengan Tunas. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda mengenai pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.