√ Jenis-Jenis Tulang Daun pada Tumbuhan dan Contohnya Lengkap dengan Gambar

Posted on

Jenis-Jenis Tulang Daun – Pada umumnya, semua tanaman memiliki daun yang berperan penting dalam proses metabolisme dalam tubuh tumbuhan. Pada umumnya daun berwarna hijau dan tumbuh pada ranting. Hampir disemua daun memiliki zat hijau yang disebut Klorofil. Klorofil adalah molekul pada daun yang berfungsi menyerap energi dari cahaya matahari untuk mengubah H2O (air) dan CO2 (gas karbon dioksida) menjadi O2 (oksigen) dan gula. Proses penyerapan energi dari cahaya matahari menjadi bahan makanan tumbuhan pada daun yang disebut dengan fotosintesis. Selain itu, daun juga berfungsi sebagai alat pernapasan. Daun memiliki bentuk tulang daun yang berbeda-beda.

Setiap tumbuhan memiliki tulang daun yang berbeda-beda sesuai dengan jenisnya. Janis tulang daun pada tumbuhan meliputi tulang daun menyirip, tulang daun menjari, tulang daun melengkung dan tulang daun sejajar. Untuk itu, kali ini IPA akan menjelaskan lebih lengkap tentang Jenis-Jenis Tulang Daun pada Tumbuhan dan Contohnya.

Baca : Struktur Organ Pada Tumbuhan dan Fungsinya

Jenis-Jenis Tulang Daun pada Tumbuhan

Berikut ini adalah bentuk tulang daun pada tumbuhan dan contoh tumbuhan lengkap dengan gambarnya.

1. Tulang Daun Menyirip

Tulang daun menyirip (penninervis) memiliki ciri-ciri tulang daun yang mirip dengan susunan sirip ikan, dengan susunan tulang daun rapi mulai dari tangkai hingga ujung helai daun. Jenis tulang daun ini memiliki ibu tulang yang memanjang dari pangkal hingga ujung daun pada bagian tengah daun. Pada ibu tulang tersebut terdapat tulang-tulang cabang lainnya dengan ukuran lebih lembut dibandingkan bagian ibu tulang. Karena inilah, jenis tulang daun ini disebut mirip dengan sirip ikan.

Contoh daun yang memiliki jenis tulang daun menyirip, seperti daun jambu, daun mangga, daun pohon beringin, daun teh, daun pohon nangka, daun pohon mahoni dan jenis pohon dengan tulang daun menyirip lainnya.

2. Tulang Daun Menjari

Tulang daun menjari (palminervis) memiliki bentuk daun dengan tampilan daun menjari. Tipe tulang daun menjari menampilkan susunan daun seperti jari jari tangan dari ujung tangkai daun lalu akan muncul beberapa tulang yang mirip dengan jari tangan. Biasanya tumbuhan yang memiliki tampilan daun menjari adalah tumbuhan dengan biji terbelas atau Dicolyledoneae.

Contoh tumbuhan yang memiliki jenis tulang daun menjari, yaitu daun pohon singkong, daun pohon pepaya, daun pohon ubi jalar, daun pohon jarak, daun pohon randu, daun bunga matahari, daun labu, daun melon, daun semangka dan jenis pohon dengan tulang daun menjari lainnya.

Baca : Struktur Batang Dikotil dan Fungsinya

3. Tulang Daun Melengkung

Tulang daun melengkung (cervinervis) memiliki ciri-ciri daun yang memiliki tulang besar yang berada dibagian tengah daun, dan tulang lainnya memanjang mengikuti alur tepi daun. Alur tulang besar pada daun akan memisah namun kembali menjadi satu arah di ujung daun. Biasanya tumbuhan dengan tulang daun melengkung adalah jenis tumbuhan berbiji tunggal atau monocotyledoneae.

Contoh tumbuhan yang memiliki jenis tulang daun melengkung, yaitu daun pohon genjer, daun pohon sirih, daun pohon sirih sirihan, daun pohon gadung, daun pohon uwi, daun pohon kandri, daun pohon akasiah, daun pohon bandotan, daun pohon trimoso atau disebut juga daun pohon dileman, daun pohon gembolo, daun pohon waru, daun pohon wewean, daun pohon Limnocharis flava Buch dan daun pohon Dioscorea hispida Dennst.

4. Tulang Daun Bertulang Sejajar

Tulang daun bertulang sejajar (rectinervis) memiliki ciri-ciri bentuk tulang daun sejajar seperti garis-garis lurus yang sejajar. Pada tiap-tiap ujung tulang daun bertulang sejajar ini menyatu. Tampilan daun dengan tulang sejajar ini terdapat daun yang memiliki satu tulang besar yang membujur dibagian tengah dengan tulang-tulang lebih kecil yang semuanya terlihat memiliki arah sejajar dengan tulang utama. Biasanya tumbuhan dengan tulang daun bertulang sejajar adalah jenis tumbuhan berbiji tunggal (Monocotyledoneae).

Contoh tumbuhan yang memiliki jenis tulang daun bertulang sejajar, yaitu daun pohon jagung, daun pohon kelapa sawit, daun pohon tebu, daun padi, daun aren, daun alang-alang, daun sereh, daun bambu, daun teki, daun rumput gajah, dan beberapa jenis daun dengan daun bertulang sejajar lainnya.

Baca : Ciri Khusus Tumbuhan Kaktus Dan Fungsinya

Demikian artikel mengenai Jenis Jenis Tulang Daun pada Tumbuhan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda mengenai pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.