Pengelompokan Hewan

Posted on

Pengelompokan Hewan – Menurut riset, terdapat sekitar 7,77 juta spesies hewan yang tersebar dipenjuru dunia. Secara umum, hewan diklasifikasikan menjadi dua kelompok besar, yaitu Vertebrata dan Invertebrata. Sedangkan berdasarkan cara hidupnya, hewan diklasifikasikan ke berbagai jenis pengelompokkan seperti berdasarkan hibatatnya, berdasarkan jenis makanannya, penutup tubuhnya, cara geraknya, cara bernafasnya, berdasarkan cara Hewan berkembang biak, serta berdasarkan jumlah kakinya. Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan Pengelompokan Hewan dan Penjelasannya berikut ini.

Baca Juga : Alat dan Sistem Pernapasan pada Serangga

Pengelompokan Hewan

Berikut ini adalah beberapa jenis pengelompokan hewan dan contoh jenis hewan yang tergolong didalamnya.

Pengelompokan Hewan Berdasarkan Habitatnya

1. Hewan Darat
Hewan yang hidup di darat tidak bisa hidup di air. Hal ini karena hewan darat memiliki alat pernafasan yang berbeda dari hewan yang hidup di air. Contoh hewan yang hidup di darat, seperti: kambing, sapi, kucing, kuda, gajah, ayam, tikus, dan lain sebagainya.

2. Hewan Air
Hewan yang hidup di air tidak bisa hidup di darat, karena hewan diair memiliki alat pernafasan khusus yang digunakan untuk hidup di air. Contoh hewan yang hidup di air, seperti : ikan, cumi-cumi, belut, dan lain sebagainya.

3. Hewan Hidup di Air dan di Darat
Hewan jenis ini memiliki keunikan, karena mereka dapat hidup didua alam, yaitu hidup di air dan di darat. Contoh hewan yang hidup di air dan di darat seperti hewan amfibi.

Baca Juga : Daur Hidup Kucing dan Penjelasannya

Pengelompokan Hewan Berdasarkan Cara Bergerak

1. Berjalan
Kelompok hewan berjalan adalah jenis hewan yang memiliki postur kaki yang kuat. Kaki hewan ini beragam mulai dari yang berjumlah 2 sampai berjumlah 4. Contoh hewan berjalan seperti: singa, kuda, beruang, kucing, ayam, sapi, tikus, dan sebagainya.

2. Melompat
Kelompok hewan melompat memiliki kaki dan biasanya memiliki kaki belakang kuat dan panjang. Contoh hewan yang bergerak dengan cara melompat seperti kelinci, katak, karungu, dan lain sebagainya.

3. Melata
Kelompok hewan melata menggunakan otot perut untuk berjalan, dan sebagian besar hewan jenis ini tidak memiliki kaki untuk berjalan. Untuk membantu bergerak, hewan melata memiliki lendir untuk mempermudah bergerak. Contoh hewan melata seperti ular, cacing, lintah, siput, dan lain sebagainya.

4. Terbang
Kelompok hewan yang bisa terbang adalah jenis hewan yang memiliki sayap, namun hewan terbang akan turun kedaratan untuk mencari makanan. Contoh hewan terbang, seperti kupu-kupu, burung, lalat dan sebagainya.

5. Berenang
Kelompok hewan berenang adalah hewan yang hidup di air. Terdapat berbagai macam hewan perenang dengan berbagai alat renang yang digunakan. Sebagai contoh, pinguin menggunakan sayap untuk bergerak dalam air, ikan menggunakan siripnya untuk berenang, terdapat juga hewan yang menggunakan seluruh tubuhnya untuk bergerak dalam air seperti buaya, belut dan lain sebagainya.

6. Merayap
Kelompok hewan merayap biasanya memiliki kaki, namun kakinya tidak bisa digunakan untuk menopang tubuhnya untuk bergerak. Contoh hewan merayap seperti kadal, cicak, biawak, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Perkembangbiakan Vegetatif Pada Hewan

Pengelompokan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya

1. Hewan Herbivora
Herbivora adalah hewan pemakan tumbuhan dan akan memakan semua bagian tumbuhan, mulai dari akar, daun, batang hingga buahnya. Ciri-ciri hewan herbivora memiliki gigi tidak bertaring, memiliki gigi geraham dan gigi seri. Contoh hewan herbivora seperti sapi, kuda, kambing, kelinci, dan lain sebagainya.

2. Hewan Karnivora
Karnivora adalah hewan pemakan daging dan sebagian besar hewan memiliki gigi taring yang berguna untuk merobek daging di mulutnya. Biasanya, hewan karnivora adalah hewan yang ditakuti karena dalam rantai makanan, biasanya hewan karnivora menjadi pemangsa. Contoh hewan karnivora seperti Singa, Serigala, macan, anjing dan sebagainya.

3. Hewan Omnivora
Omnivora adalah hewan pemakan segala merupakan gabungan dari hewan herbivora dan hewan karnivora yang bisa memakan daging dan tumbuhan. Hewan omnivora memiliki gigi seri, gigi geraham dan gigi taring yang lengkap. Contoh hewan omnivora seperti monyet, babi, tikus, dan lain sebagainya.

4. Hewan Insektivora
Insektivora adalah jenis hewan yang hanya memakan serangga di sepanjang hidupnya. Contoh hewan insektivora seperti hewan reptil, aves (burung) dan beberapa jenis hewan amphibi.

Baca Juga : Macam-Macam Perkembangbiakan Generatif pada Hewan

Pengelompokan Hewan Berdasarkan Cara Berkembang Biak

1. Ovipar
Ovipar adalah jenis hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur. Hewan ovipar memiliki embrio yang sudah terbentuk dan selanjutnya akan tumbuh menjadi individu baru. Embrio dilingungi oleh cangkang dari induk. Contoh hewan ovipar seperti ayam, ular, burung, bebek, dan lain sebagainya.

2. Vivipar
Vivipar adalah jenis hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan. Hewan vivipar dilahirkan dari rahim induk. Contoh hewan vivipar seperti hewan mamalia atau hewan menyusui.

3. Ovovivipar
Ovovivipar adalah jenis hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur melahirkan, atau gabungan dari ovipar dan vivipar. Contoh hewan ovovivipar seperti reptil dan ikan hiu.

Baca Juga : Sistem Pernapasan pada Serangga

Pengelompokan Hewan Berdasarkan Penutup Tubuhnya

1. Hewan Berambut
Hewan yang memiliki rambut digunakan untuk melindungi tubuh dari suhu dingin atau suhu panas. Sebagian besar, jenis hewan berambut adalah jenis hewan mamalia.

2. Hewan Berbulu
Hewan berbulu disekujur tubuhnya memiliki bulu yang berguna untuk melindungi dirinya dari suhu dingin atau suhu panas. Contoh hewan berbulu seperti kucing, kelinci, kambing, burung, dan lain sebagainya.

3. Hewan Bercangkang
Cangkang pada hewan berfungsi untuk melindungi diri. Cangkang pada hewan terbuat dari zat kapur keras, sehingga cangkang menjadi tempat tinggal yang aman bagi hewan bercangkang. Contoh hewan bercangkang seperti, siput, kerang, keong, bekicot dan lain sebagainya.

4. Hewan Bersisik
Biasanya, kebanyakan hewan bersisik hidup di air. Karena jenis hewan bersisik akan lebih mudah berenang. Namun, ada juga beberapa jenis hewan bersisik yang hidup didarat seperti kadal.

5. Hewan Berkulit
Hewan berkulit adalah hewan yang seluruh tubuhnya memiliki kulit sebagai penutup tubuhnya. Hewan-hewan tersebut tidak memiliki bulu, rambut, sisik atau cangkang. Contoh hewan berkulit seperti katak.

Baca : Contoh Hewan Porifera dan Coelenterata

Pengelompokan Hewan Berdasarkan Cara Bernafasnya

1. Hewan Bernafas dengan Insang
Insang digunakan oleh hewan yang hidup di air. Contohnya adalah ikan.

2. Hewan Bernafas dengan Kulit
Biasanya hewan yang bernafas dengan kulit adalah jenis ikan yang memiliki lendir pada kulitnya. Contohnya cacing. 

3. Hewan Bernafas dengan Paru Paru
Hewan yang bernafas dengan paru-paru adalah hewan yang hidup diarea daratan. Contohnya seperti kucing, monyet, gajah, harimau, dan lain sebagainya.

4. Hewan Bernafas Dengan Trakea
Hewan yang bernafas dengan trakea adalah hewan spesies serangga. Contonya belalang, kupu-kupu, wereng, dan lain sebagainya.

Demikian artikel mengenai Pengelompokan Hewan Berdasarkan Jenis dan Penjelasannya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda mengenai pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.