Categories
Biologi

Fungsi Organel Sel pada Makhluk Hidup Berdasarkan Jenis dan Penjelasannya TERLENGKAP

Organel sel merupakan satuan yang ada dalam sel yang berfungsi membuat sel dalam makhluk dapat tetap hidup. Jika sel merupakan satuan terkecil dalam tubuh, organel sel merupakan organ yang ada di dalam sel yang bekerja untuk membuat sel tetap hidup.

Sebagai gambaran, jika di dalam tubuh terdapat organ jantung, paru-paru, hati, ginjal dan yang lainnya, maka dalam sel terdapat organel-organel sel seperti mitokondria, ribosom, nukleus dan yang lainnya dengan memiliki fungsi-fungsi yang berbeda. Namun tidak hanya ada pada manusia saja, organel sel juga terdapat pada sel hewan dan tumbuhan dengan memiliki fungsi yang berbeda.

Sel-sel dalam tubuh juga akan mengalami regenerasi, yaitu sel yang mati akan tergantikan dengan sel yang baru. Namun jika pada satu organ terlalu banyak sel yang rusak atau mati maka menyebabkan terjadinya gangguan pada fungsi organ.

Orgenel sel terdiri dari beberapa jenis dengan fungsi yang berbeda, untuk lebih jelasnya dibawah ini akan kami berikan ulasan lengkap tentang pengertian organel sel dan jenis organel sel dengan penjelasannya.

Baca Juga : Pengertian Ribosom 

Pengertian Organel Sel

Seperti yang sudah di jelaskan diatas, sel merupakan organ terkecil dalam sistem kehidupan makhluk hidup. Robert Hook adalah orang yang pertama kali mengamati sel. Pengamatan tersebut ia lakukan dengan mengamati sayatan gabus menggunakan mikroskop sederhana di tahun 1665. Pada tahun yang sama, Thomas Schwan juga mempelajari bagian-bagian tumbuhan dan hewan. Setelah melakukan pengamatan, kedua ilmuan tersebut menyatakan bahwa hewan dan tumbuhan tersusun dari kumpulan sel-sel, dan dalam setiap sel terdapat komponen-komponen penyusun bersifat hidup yang disebut dengan Organel Sel.

Organel sel adalah bagian terpenting dalam sebuah sel yang berfungsi mengatur proses kehidupan yang ada didalam sel. Biasanya organel sel terdapat dalam salah satu bagian sel yang disebut Sitoplasma.

Organel sel terdiri dari beberapa bagian penyusun dengan memiliki fungsi yang berbeda-beda, namun memiliki tugas yang sama yaitu sebagai sistem yang mendukung proses kehidupan pada sebuah sel.

Berikut ini beberapa penyusun organel sel antara lain : Retikulum endoplasma, membran plasma, nukleus, ribosom (ergastoplasma), mitokondria, lisosom, badan golgi, sentrosom (Sentriol), plastida, vakuola, mikrotubulus, mikrofilamen, dan peroksisom (badan mikro). Dibawah ini penjelasan jenis dan fungsi-fungsi organel sel.

Baca Juga : Pengertian Sel Eukariotik

Jenis dan Fungsi Organel Sel

1. Retikulum Endoplasma
Retikulum Endoplasma merupakan organel sel berbentuk saluran yang terhubung dengan inti yang berfungsi dalam transport zat dan sebagai tempat menempelnya ribosom.

2. Membran Plasma
Membran plasma merupakan lapisan pemisah sel dari lingkungan sekitarnya yang berfungsi untuk melindungi sel dan sebagai sarana perpindahan keluar masuk material sel. Dalam membran plasma terdapat sitoplasma yaitu cairan tempat organel-organel sel berada dan sebagai tempat terjadinya aktivitas sel.

3. Nukleus
Nukleus merupakan inti sel atau pusat komando sel yang berfungsi untuk menyimpan DNA sel. Selain itu fungsi lain dari nukleus yaitu mengontrol seluruh aktivitas yang terjadi dalam sel termasuk pertumbuhan dan metabolisme sel. Dalam nukleus terdapat bagian kecil yang disebut Nukleolus yang merupakan tempat dari RNA yang berfungsi menyampaikan perintah dari DNA ke seluruh bagian sel.

Baca Juga : Pengertian Sel Prokariotik

4. Ribosom
Ribosom merupakan organel sel yang ada pada sitoplasma dan menempel pada retikulum endoplasma kaar. Ribosom berfungsi untuk sintesis protein.

5. Mitokondria
Mitokondria merupakan organel sel berbentuk kapsul dengan saluran lekuk pendek dibagian dalam. Mitokondria berfungsi sebagai respirasi sel dan sebagai pusat pembangkit tenaga.

6. Lisosom
Lisosom merupakan organel sel yang banyak ditemukan dalam sel-sel yang berfungsi penting dalam imunitas seperti leukosit dan limfosit. Lisosom berfungsi sebagai pencernaan zat yang belum dapat terurai dan menghancurkan bagian sel yang tidak berguna lagi. Selain itu lisosom berfungsi juga untuk mencerna makanan cadangan saat kekurangan dan sebagai tempat pembentukan enzim pencernaan, dan menetralkan zat yang menyebabkan kanker atau karsinogen.

7. Badan Golgi
Badan golgi merupakan organel berbentuk bulat yang berfungsi untuk sekresi zat, sintesis lisosom dan lain-lainnya.

Baca Juga : Pengertian Pembelahan Sel

8. Sentrosom
Sentrosom merupakan organel berbentuk tabung yang ditemukan pada sel eukariotik. Sentrosom berfungsi membentuk silia dan flagela serta memproses pembelahan sel dalam membentuk benang spindel.

9. Plastida
Plastida merupakan organel khas pada tumbuhan yang beruntuk menyimpan pigmen warna.

10. Vakuola
Vakuola merupakan organel yang berfungsi sebagai tempat menyimpan cadangan makanan dan menyimpan zat-zat yang dieksresikan.

11. Mikrotubulus
Mikrotubulus adalah organel mikro yang memiliki fungsi sebagai kerangka sel dan berfungsi dalam pembentukan spindel.

12. Mikrofilamen
Mikrofilamen merupakan benang-benang halus yang mempengaruhi kontraksi sel.

13. Peroksisom
Peroksisom merupakan kantong kecil yang berisi enzim katalase yang berfungsi mengurai peroksida yaitu sisa dari metabolisme yang bersifat toksik menjadi air dan oksigen yang membahayakan sel.

Baca Juga : Pengertian Lisosom

Demikian artikel mengenai Fungsi Organel Sel .Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda mengenai pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.