Hewan Karnivora : Pengertian Karnivora, Ciri-Ciri, dan Contoh Hewan Karnivora dengan Penjelasannya

Posted on

Berdasarkan jenis makanannya, klasifikasi hewan dibagi menjadi tiga yaitu Herbivora, Omnivora, dan Karnivora. Setelah sebelumnya kita membahas tentang Hewan Herbivora, kali ini secara khusus kita akan membahas tentang hewan Karnivora, meliputi pengertian hewan Karnivora, Ciri-ciri dan contoh hewan Karnivora lengkap dengan penjelasannya.

Hewan membutuhkan makanan yang mengandung nutrisi dan protein sebagai sumber energi untuk bertahan hidup dan hewan biasanya mengonsumsi makanan berupa daging. Karena memakan daging, maka hewan karnovora termasuk dalam jenis hewan buas, meskipun ada juga hewan karnivora yang tidak buas, contohnya kucing.

Baca Juga : Pengertian Hewan Herbivora 

Untuk mengetahui lebih tentang hewan karnivora, simak penjelasan dibawah ini:

Pengertian Hewan Karnivora

Berdasarkan asal katanya, Karnovira berasal dari bahasa latim yaitu kata Caro yang artinya Daging dan vorare yang artinya Makanan. Maka dapat disimpulkan bahwa hewan karnivora adalah jenis hewan pemakan daging.

Karena pemakan daging, maka hewan-hewan karnivora tersebut memiliki kemampuan dalam memburu mangsa untuk mendapatkan makanannya. Untuk memburu dan memangsa makananya, hewan karnivora dilengkapi dengan kuku yang tajam dan gigi taring yang digunakan untuk merobek daging makanannya.

Hewan karnivora termasuk dalam jenis hewan buas karena memiliki kepandaian dalam memburu mangsa sebagai makanannya dan memiliki cara berlari yang sangat cepat serta sebagai pengintai yang cerdik. Meskipun ada juga hewan karnivora yang tidak buas, contohnya kucing.

Dari segi perkembangbiakannya, hewan karnivora berkembang biak dengan cara melahirkan (vivipar), namun ada beberapa jenis karnivora yang berkembang biak dengan cara bertelur.

Baca Juga : Klasifikasi Hewan Vertebrata

Ciri-Ciri Hewan Karnivora

Berdasarkan jenis makananya, hewan Karnivora memiliki karakteristik dan ciri-ciri yang berbeda dengan hewan lainnya. Meskipun terdapat beberapa kesamaan ciri-ciri yang satu dengan lainnya. Untuk lebih jelasnya berikut ini ciri-ciri hewan Karnivora. antara lain:

  • Makanan utama hewan karnivora adalah daging.
  • Hewan karnivora termasuk hewan mamalia karena memiliki kelenjar susu.
  • Hewan karnivora termasuk hewan vertebrata karena memiliki tulang bekalang.
  • Memiliki kemampuan untuk memburu mangsa sebagai makananya.
  • Kebanyakan habitat hewan karnivora hidup di alam liar, hutan dan padang savana.
  • Kebanyakan jenisnya hidup didarat, namun ada juga yang hidup di air.
  • Kebanyakan jenisnya merupakan hewan buas yang hidup di hutan.
  • Memiliki kuku tajam dan gigi taring untuk mengoyak makananya.
  • Memiliki pergerakan yang sangat cepat.
  • Memiliki penglihatan dan pendengaran yang sangat tajam.

Baca Juga : Perkembangbiakan Vegetatif Pada Hewan

Habitat Hewan Karnivora

Sebagian besar hewan karnivora hidup dan tinggal didarat, namun ada juga beberapa hewan pemakan daging yang hidup di air dan di udara. Hal ini karena di daratan terdapat lebih banyak mangsa sebagai sumber buruan untuk mendapatkan makanan.

Biasanya hewan pemakan daging atau hewan karnivora hidup di alam liar secara bebas seperti di hutan dan padang savana. Karena itulah kerap di temukan hewan-hewan besar dihutan ataupun padang savana, contohnya seperti gajah, harimau, singa dan lainnya. Untuk lebih jelasnya, dibawah ini adalah beberapa contoh hewan karnivora dan penjelasannya:

Contoh Hewan Karnivora dan Penjelasannya

Meskipun memiliki habitat di alam liar seperti hutan dan padang savana, kita masih dapat menjumpai hewan karnivora di lingkungan sekitar dalam kehidupan sehari-hari ataupun di kebun binatang, karena ada beberapa jenis hewan karnivora yang dijadikan sebagai hewan peliharaan seperti kucing dan anjing. berikut ini contoh hewan pemakan daging atau hewan karnivora dan penjelasannya.

Baca Juga : Perkembangbiakan Generatif pada Hewan

1. Kucing

Secara ilmiah Kucing terlahir sebagai hewan karnivora atau hewan karnivora, namun ada beberapa spesies kucing yang tidak memakan daging dan hanya memakan tumbuhan atau bersifat vegetarian.

Hewan yang biasanya menjadi mangsa kucing adalah jenis hewan berukuran kecil seperto cicak dan tikus. Kucing memiliki kemampuan yang lincah untuk menangkap mangsanya contoh menangkap cicak yang sedang hinggap di dinding.

Kucing memiliki bulu yang lembut dan halus menggemaskan sehingga kucing sering dijadikan sebagai hewan peliharaan di rumah.

2. Anjing

Anjing merupakan salah satu hewan karnivora atau hewan pemakan daging yang juga sering dijadikan sebagai hewan peliharaan atau sebagai hewan penjaga rumah.

Anjing memiliki indera penciuman yang tajam dan berburu yang cepat serta dapat dengan cepat mengidentifikasi mana mangsa dan mana temannya.

Anjing juga dikategorikan sebagai hewan yang pintar. Contohnya pada anjing pelacak yang memang dilatih untuk melakukan beberapa tugas khusus seperti melacak narkoba, mayat dan lain sebagainya.

Anjing juga sering dijadikan sebagai hewan peliharaan karena sifatnya yang menggemaskan, penurut dan aktif. Bahkan terdapat juga kontes anjing sehingga membuat para pecinta anjing melakukan perawatan lebih terhadap anjingnya.

Baca Juga : Contoh Hewan Tidak Mengalami Metamorfosis 

3. Macan Tutul

Macan tutul memiliki bentuk fisik mirip kucing namun memiliki ukuran yang lebih besar. Macan tutul memiliki ciri khas bintik-bintik hitam di bagian tubunya.

Spesies macan tutul sudah hampir punah dan jarang ditemui. Tidak hanya ada di daerah Jawa, kebanyakan spesies macan tutul juga di temui di Asia Tenggara.

4. Harimau

Contoh hewan karnivora selanjutnya adalah Harimau. Harimau juga termasuk jenis kucing besar dan ketika sudah berumur tua ukurannya dapat melebihi ukuran tubuh Singa.

Harimau termasuk jenis hewan berdarah panas dan termasuk hewan pelari yang cepat serta kecepatannya dapat mengalahkan kecepatan cheetah. Harimau termasuk hewan bertulang belakang.

Biasanya, harimau memilih untuk berburu mangsa yang berukuran lebih besar seperti domba, kijang, babi, zebra dan lainnya. Biasanya harimau mengincar mangsa hewan pemakan tumbuhan atau herbivora, bahakan Harimau juga dapat bersifat kanibal atau memakan sesama.

Baca Juga : Klasifikasi Hewan InVertebrata

5. Singa

Singa memiliki sebutan Raja Hutan hal ini karena singa memiliki sifat buas yang ditakuti oleh binatang lain. Singa memiliki kemampuan memburu mangsa yang luar biasa dan dikenal berbahaya karena kebuasannya.

Singa masih masuk dalam keluarga Felidae atau masih satu kerabat dengan kucing dan termasuk dalam spesies binatan mamalia atau menyusui.

Singa jantan memiliki bentuk yang lebih ganas di bandingkan betina, namun singa betina lebih aktif dan lebih pintar dalam berburu.

Singa hidup secara berkelompok namun dalam jumlah yang tidak terlalu besar. Dalam satu kelompok, singa betina berperan aktif dalam mencari mengsa dan singa jantan akan meminta jatah kepada singa betina.

Namun singa memiliki kelemahan yang berbeda dengan spesies lainnya yaitu tidak bisa memanjat pohon.

6. Macan

Macan termasuk dalam jenis hewan karnivora atau pemakan daging dan masih masuk dalam jenis kucing dengan ukuran sedang.

Terdapat beberapa macam jenis macan seperti macan tutul, macan rembah dan lain sebagainya.

Ciri-Ciri macam memiliki bulu berwarna kecoklatan dan memiliki bintik hitam di seluruh tubuh dan memiliki ukuran kaki yang tidak terlalu panjang. Biasanya macan mencari mangsa pada saat malam hari.

7. Serigala

Serigala termasuk hewan karnivora yang memiliki ukuran tubuh lebih kecil dibandingkan dengan ukuran tubuh hewan karnivora lainnya. Serigala memiliki ukuran tubuh seperti anjing.

Serigala termasuk hewan yang ganas dan memiliki ciri khas dengan aungan di malam hari. Serigala sering ditemui di daerah Eropa dan tidak ditemukan di Indonesia.

8. Cheetah

Cheetah termasuk hewan karnivora atau pemakan daging yang dikenal memiliki kecepatan berlari yang sangat cepat.

Cheetah memiliki ukuran yang hampir sama besar dengan harimau. Cheetah mencari mangsa dengan cara sendiri atau secara individu.

Cheetah memiliki habitat di hutan yang luas dan lebat karena di hutan lebat lebih banyak mangsa yang dapat dijadikan sebagai makananya. Beberapa jenis hewan yang biasanya dimangsa oleh chetah seperti babi, kijang, rusa dan lainnya.

Beberapa contoh Hewan Karnivora Lainnya, seperti dibawah ini:

SingaBeruang MaduLaba-labaPelikanSiput Kerucut
HarimauKomodoKalajengkingBurung KuntulPaus Pembunuh
SerigalaBuayaBelalang SembahBurung NasarIkan Tuna
AnjingUlarKatakKelelawar MikroBintang Laut
KucingBiawakKodokPenyuUbur-Ubur
CheetahWolverineElangHiuPenguin
LeopardHyenaRajawaliPausBeruang Kutub
PantherMusangFalkonLumba-LumbaAnjing Laut
JaguarCerpelaiBurung HantuGuritaSinga Laut
MacanTasmaniaBangauCumi-CumiWalrus

Demikian artikel mengenai Pengertian Hewan Karnivora. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda mengenai pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.