Contoh Hewan tidak Mengalami Metamorfosis

Posted on

Hewan Tidak Bermetamorfosis – Metamorfosis adalah proses perkembangbiakan hewan yang terlihat dari perubahan bentuk fisik yang terbagi menjadi dua, yaitu metamorfosis sempurna dengan metamorfosis tidak sempurna. Proses metamorfosis yang umum terjadi yaitu dari fase telur, larva, pupa dan imago yang disebut dengan metamorfosis sempurna, sedangkan metamorfosis yang mengalami tiga fase tersebut dikenal sebagai metamorfosis tidak sempurna. Ada beberapa jenis hewan yang tidak mengalami proses metamorfosi. Kali ini IPA akan membahas beberapa contoh hewan yang tidak mengalami metamorfosis.

Namun sebelum membahas tentang contoh hewan bermetamorfosis, terlebih dahulu ketahui tentang metamorfosis.

Baca Juga : Daur Hidup Kucing dan Penjelasannya

Pengertian Metamorfosis

Metamorfosis adalah tahap perkembangbiakan hewan yang terlihat dari perubahan bentuk fisik atau bentuk tubuh, mulai dari fase telur, menetas, dan menjadi dewasa. Perubahan bentuk tersebut terdiri dari perubahan anatomi, morfologi, dan fisiologis.

Metamorfosis terbagi menjadi dua jenis, yaitu metamorfosis sempurna dan tidak sempurna. Berikut penjelasannya.

Metamorfosis Sempurna

Metamorfosis sempurna adalah perubahan bentuk fisik yang terjadi pada hewan muda yang memiliki bentuk berbeda dengan bentuk dewasa, atau biasa dikenal dengan holometabola.

Jenis hewan yang bermetamorfosis sempurna memiliki empat tahap pertumbuhan dan perkembangan, fase tersebut yaitu Telur, Larva, Pupa/ Kepompong, Imago/ Hewan dewasa. Contoh hewan bermetamorfosis sempurna antaralain kupu-kupu, lalat dan lainnya.

Baca Juga : Perkembangbiakan Vegetatif Pada Hewan

Metamorfosis Tidak Sempurna

Metamorfosis tidak sempurna adalah proses perkembangbiakan hewan yang tidak mengalami perubahan bentuk fisik secara signifikan, atau dikenal dengan hemimetabola.

Hewan yang bermetamorfosis tidak sempurna memiliki tiga tahapan, yaitu telur, nimfa/hewan muda, dan imago/hewan dewasa.

Hewan yang baru menetas mulai dari telur memiliki bentuk sama dengan hewan dewasa. Biasanya perubahan terjadi pada bagian tubuh yang belum mengalami pertumbuhan.

Contohnya Belalang, pada belalang muda atau nimfa akan tumbuh dan dibagian belakang belum tumbuah, seperti sayap akan tumbuh ketika menjadi imago atau belalang dewasa.

Beberapa jenis hewan yang mengalami metamorfosis tidak sempurna diantaranya, kepik, walang, rayap, whitefly, kutu daun, jangkring, belalang, campung dan contoh lainnya.

Baca Juga : Macam-Macam Perkembangbiakan Generatif pada Hewan

Contoh Hewan Tidak Mengalami Metamorfosis

1. Kelinci
Kelinci adalah hewan mamalia dari famili Leporidae dan banyak ditemukan disekitar kita. Kelinci berkembangbiak dengan cara beranak atau disebut vivipar. Awalnya, kelinci merupakan hewan liar yang hidup di Afrika hingga ke daratan eropa.

2. Landak
Landak adalah jenis hewan pengerat (rodentia) yang memiliki rambut tebal dan bentuk duri tajam. Landak menjadi hewan pengerat terbesar ketiga dari segi ukuran tubuh setelah kapibara dan berang-berang.

Secara umum, landak merupakan hewan herbivora dan menyukai daun, batang khususnya bagian kulit kayu.

3. Kambing
Kambing adalah anggota keluarga Bovidae dan bersaudara dengan biri-biri karena keduanya tergolong dalam sub famili Caprinae. Kambing adalah salah satu di antara spesies yang paling lama di ternakkan, yaitu untuk susu, daging, bulu, dan kulit di seluruh dunia.

Ada lebih 300 jenis kambing yang berbeda-beda. Menurut Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa, yahun 2011 populasi kambing yang hidup di seluruh dunia mencapai 924 juta.

Baca Juga : Sistem Pernapasan pada Serangga

4. Sapi
Sapi adalah hewan suku Bovidae dan anak suku Bovinae, sedangkan sapi yang telah dikebiri dan biasa digunakan untuk membajak sawah disebut dengan Lembu. Sedangkan sapi yang dipelihara biasanya dimanfaatkan susu dan dagingnya sebagai pangan manusia.

5. Kuda Nil
Kuda nil memiliki nama latin Hippopotamus amphibius adalah jenis mamalia dari keluarga Hippopotamidae yang berukuran besar, omnivora, dan berasal dari Afrika sub-Sahara. Kuda nil adalah hewan darat terbesar ketiga setelah gajah dan badak putih.

Kuda nil adalah hewan herbivora , disiang hari kuda nil berada di air atau di lumpur agar tubuh tetap dingin. Sedangkan ketika petang dan malam hari, kuda nil keluar dari air untuk memakan rumput.

6. Kerbau
Kerbau adalah jenis hewan memamah biak yang menjadi hewan ternak dibanyak bangsa dunia, terutama di Asia. Kerbau banyak dimanfaatkan susu, daging dan kulitnya. Susu kerbau banyak dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan keju Mozzarella.

Sedangkan daging kerbau merupakan hasil ekspor utama di India. Sedangkan di Asia, daging kerbau kurang disukai karena tingkat kekerasannya. Bagian kulit kerbau sering digunakan sebagai bahan pembuatan sepatu, helm, dan wayang kulit.

Baca : Contoh Hewan Porifera dan Coelenterata

7. Kuda
Kuda (Equus caballus atau Equus ferus caballus) adalah salah satu dari sepuluh spesies modern mamalia dari genus Equus. Kuda merupakan salah satu hewan peliharaan yang penting secara ekonomis dan historis, dan telah memegang peranan penting dalam pengangkutan orang dan barang selama ribuan tahun.

8. Anjing Laut
Anjing laut adalah mamalia besar dari ordo karnivora yang hidup di daerah sejuk. Awalnya, anjing laut termasuk dalam subordo Pinnipedia, namun saat ini telah bergeser menjadi kategori superfamilia. Anjing laut dimasukkan ke dalam subordo Caniformia bersama famili Odobenidae (beruang laut / walrus), Otariidae (singa laut), dan Phocidae.

Anjing laut memiliki tubuh licin dan cukup besar, dan tubuhnya dapat beradaptasi dengan baik untuk habitat akuatiknya, di mana mereka menghabiskan sebagian besar masa hidupnya.

9. Anjing
Anjing adalah mamalia yang telah mengalami domestikasi dari serigala sejak 15.000 tahun yang lalu. Anjing merupakan hewan sosial sama seperti halnya manusia. Kedekatan pola perilaku anjing dengan manusia menjadikan anjing bisa dilatih, diajak bermain, tinggal bersama manusia, dan diajak bersosialiasi dengan manusia dan anjing yang lain. Anjing telah berkembang menjadi ratusan ras dengan berbagai macam variasi. Warna rambut anjing bisa beraneka ragam, mulai dari putih sampai hitam, juga merah, abu-abu dan coklat. Selain itu, anjing memiliki berbagai jenis rambut. Rambut anjing bisa lurus atau keriting, dan bertekstur kasar hingga lembut seperti benang wol.

10. Jerapah
Jerapah memiliki nama ilmiah Giraffa camelopardalis adalah jenis mamalia berkuku genap endemik Afrika dan menjadi spesies hewan tertinggi yang hidup didarat. Jerapah jantan memiliki tinggi 4,8 sampai 5,5 meter dengan mencapai berat 1.360 kilogram. Sedangkan jerapah betina biasanya memiliki fisik sedikit lebih pendek dan lebih ringan.

11. Tapir
Tapir adalah binatang herbivora pemakan daun muda atau rumput pinggiran sungai. Secara taksonomi, tapir dikelompokkan ke dalam ordo Perisodactyla dan famili Tapiridae.

Tapir memiliki bentuk tubuh seperti babi, telinga seperti badak dan moncong mirip trenggiling. Tapir merupakan hewan soliter kecuali pada musim kawinnya dan lebih banyak beraktivitas pada malam hari.

Baca Juga : Alat dan Sistem Pernapasan pada Serangga

Demikian artikel mengenai Contoh Hewan tidak Mengalami Metamorfosis. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda mengenai pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.