Categories
Biologi

Bagian-bagian Lidah dan Fungsinya Lengkap dengan Penjelasannya

Lidah merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki peran penting sebagai perasa, pengecap, berbicara, bernafas, menelan makanan dan berkomunikasi. Lidah juga termasuk salah satu panca indera yaitu indera perasa. Lidah memiliki beberapa bagian yang memiliki peran dan fungsinya masing-masing. Lidah dibantu oleh sejumlah otot dan saraf yang langsung terhubung ke otak. Susunan otot-otot inilah yang membuat lidah dapat bebas bergerak kesegala ruang dalam rongga mulut.

Baca Juga : Bagian-Bagian Hidung dan Fungsinya

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Lidah, berikut ini kita akan membahas lengkap tentang bagian-bagian lidah dan fungsinya lengkap dengan penjelasan dan gambar.

Lidah

Lidah adalah organ dalam tubuh yang sebagian besar terdiri dari otot yang dilapisi oleh jaringan lembap berwarna merah muda atau disebut dengan Mukosa. Pada bagian permukaan lidah terdapat struktur seperti rambut-rambut halus (Papila).

Papila inilah yang membuat lidah terasa kasar ketika di sentuh. Dibagian atas papila terdapat ribuan sel pengecap berupa saraf yang menghubungkan saraf di lidah dengan reseptor di otak.

Jaringan dan mukosa yang menempel pada rongga mulut menyebabkan lidah dapat tenang di tempatnya. Lidah memiliki struktur seperti tali yang disebut frenulum lingualis yang berfungsi menghubungkan lidah dengan dasar mulut. Sedangkan di bagian mulut, lidah menempel pada tulang hyoid. Ukuran lidah pada laki-laki sekitar 8,5 cm sedangkan lidah perempuan sekitar 7,9 cm. Namun tercatat, ada lidah manusia terpanjang yang mencapai hingga 10,1cm.

Baca Juga : Fungsi dan Cara Kerja Hati

Bagian Bagian Lidah

Berdasarkan fungsinya, lidah dibagi menjadi 4 bagian yaitu:

  • Bagian pengecap rasa manis di bagian ujung lidah
  • Bagian pengecap rasa asam di bagian pinggir lidah
  • Bagian pengecap rasa asin di bagian ujung dan ujung-tengah lidah
  • Bagian pengecap rasa pahit di bagian pangkal atau belakang lidah

Bagian lidah tersebut merupakan pengecap rasa utama pada makanan yang dilakukan oleh lidah sesuai dengan fungsinya. Namun berdasarkan letaknya, bagian-bagian lidah terdiri dari beberapa bagian, berikut penjelasannya.

Baca Juga : Fungsi dan Cara Kerja Ginjal

Bagian Lidah Berdasarkan Letaknya

Lidah terdiri dari massa otot yang terbagi lagi berdasarkan bentuk dan letaknya. Salah satu bagian yang paling dikenal adalah Papilae. Berikut penjelasannyan bagian lidah berdasarkan letaknya.

  • Pangkal Lidah (Root)
    Pangkal lidah terletak di sepertiga bagian belakang lidah dan posisinya ada dibagian pangka mulut dekat tenggorokan. Pangkal lidah umumnya tidak dapat digerakkan karena letaknya ada pada tulang hyoid dan rahang bawah atau dekat dengan dua otot geniohyoid dan otot mylohyoid.
  • Tubuh Lidah (Body)
    Tubuh lidah berada di dua pertiga bagian lidah dan didalamnya terdapat bagian-bagian lagi.
  • Ujung Lidah (puncak/Apex)
    Ujung lidah terletak di bagian terdepan sehingga dapat digerakkan dengan lincah.
  • Dorsum
    Dorsum merupakan bagian permukaan atas yang melengkung ke arah belakang, dan memiliki alur berbentuk V dibagian atasnya yang disebut dengan Terminal Sulcus.
  • Permukaan inferior
    Permukaan inferior merupakan bagian dibawah lidah yang penting untuk kemampuan visualisasikan vena yang memungkinkan penyerapa obat0obatan tertentu dengan cepat.

Baca Juga : Sistem Ekskresi Pada Manusia

Selain berdasarkan letaknya, lidah juga memiliki struktur dan bagian yang memiliki fungsi berbeda-beda. Berikut penjelasan bagian lidah berdasarkan struktur dan fungsinya.

Bagian Lidah Berdasarkan Struktur dan Fungsinya

Papillae / papilla

Papillae merupakan bagian benjolan kecil yang ada di atas permukaan lidah. Berdasarkan letak dan bentuknya apillae memiliki bentuk, ukuran dan fungsi yang berbeda-beda, berikut penjelasannya:

  • Papila Vallate, merupakan benjolan besar beratap rata yang letaknya di depan terminal sulcus atau di sekitar dua pertiga bagian permukaan lidah. Papila Vallate juga dikelilingi oleh parit yang dalam, dengan saluran terbuka dari penghasil cairan dan dindingnya di tutupi oleh perasa.
  • Papila Folat, bagian ini jaringan ditemukan pada manusia. Namun lipatan kecil pada permukaan mukosa lidah ditemukan di samping. Bagian ini juga memiliki reseptor rasa yang terletak di lidah.
  • Papila filiform, memiliki bentuk V yang sejajar dengan terminal sulcus. Benjolan ini berbentuk memanjang dan banyak. Bagian ini memiliki kandungan saraf yang sensitif terhadap sentuhan. Papila filiform memiliki bersisik seperti benang dengan warna abu-abu kemerahan. Bentuk papila filifom inilah yang membuat lidah beberapa hewan menjadi sangat kasar.
  • Papila Fungiform, merupakan bagian yang tersebat di antara papilla filiformis dengan bentuk bintik-bintik mirip jamur berwarna merah muda hingga merah. Bagian ini ditemukan di sepanjang ujung atau sisi lidah yang mengandung reseptor untuk rasa dan selera.

Baca Juga : Bagian Bagian Tulang Manusia

Otot Lidah

Otot lidah merupakan organ kumpulan dari masa otot yang ada dalam lidah. Otot dikelompokkan sebagai otot intrinsik dan otot ekstrinsik. Otot intrinsik adalah otot yang seluruhnya dalam lidah yang mempengaruhi bentuk, sedangkan otot ekstrinsik adalah otot yang yang berasal dari luar lidah yang melekat dengan tulang disekitarnya dan mempengaruhi posisinya.

Otot intrinsik

  • Superior longitudinal, memiliki bentuk keriting dibagian ujung dan sisi lidah ke atas dan berfungsi memperpendek lisah.
  • Longitudinal inferior, memiliki bentuk keriting dibagian ujung lidah ke bawah dan berfungsi mempersingkat lidah.
  • Transversal, berfungsi mempersempit dan memanjang lidah, serta meningkatkan ketinggian dan menyebabkan bentuk yang lebih menonjol.
  • Vertikal, berfungsi meratakan dan memperluas lidah didalam mulut sehingga membuatnya menonjol dan mendorong gigi depan.

Otot ekstrinsik

  • Genioglossus, memiliki bentuk otot besar seperti kipas dan sebagai otot yang membentuk sebagian besar ke lidah. Bagian ini berfungsi menurunkan lidah dan menariknya kedepan untuk keluar maupun mengibaskan ke depan maupun ke belakang.
  • Hyoglossus, memiliki bentuk otot tipis dan empat sisi yang menurunkan lidah dan kembali ke mulut.
  • Styloglossus, memiliki bentuk otot yang kecil dan pendek dengan serat yang saling terintegrasi dengan bagian otot hyoglossus. Bagian ini dapat menarik lidah dan membuat palung untuk menelan makanan.
  • Palatoglossus, berfungsi untuk mengangkat bagian belakang lidah.

Baca Juga : Fungsi dan Cara Kerja Ginjal

Fungsi Lidah

Selain sebagain indera pengecap, lidah juga memiliki fungsi lain salah satunya untuk membantu proses mengunyah, menelan dan lainnya. Berikut penjelasannya.

Alat bantu berkomunikasi
Salah satu fungsi lidah adalah sebagai alat bantu berkomunikasi yang didukung oleh organ lain seperti bibir dan gigi. Ketiga organ tersebut akan memperjelas suara yang dibentuk oleh pita suara dan keluar melalui tenggorokan.

Mengecap rasa dan menelan makanan
Lidah juga berfungsi untuk membantu mengecap rasa dan menelan makanan. Makanan yang masuk ke mulut tentunya butuh dilumatkan yang dilakukan oleh lidah dan gigi. Setelah makanan tersebut lumat, selanjutnya lidah membawa makanan untuk masuk ke tenggorokan menuju lambung.

Menjaga mulut dari kuman
Bagian mulut terdapat lingual tonsil yang merupakan sekumpulan sel yang berfungsi sebagai pelindung yang terletak di dasar lidah dan dekat amandel. Tonsil berfungsi untuk menjaga lidah tetap aman dari bahaya infeksi kuman yang menyebabkan beberapa masalah kesehatan.

Alat Penyentuh
Lidah juga berfungsi untuk menyentuh makanan yang dilakukan oleh bagian ujung lidah. Selain menyentuh dan merasakan makanan, bagian ujung lidah juga berfungsi untuk membersihkan sisa makanan yang ada di sekitar mulut dan bibir.

Menghisap
Lidah juga berfungsi untuk menghisap, contohnya seperti saat kita menyesap minuman dan pasa saat bayi menyusu ibunya.

Baca Juga : Anatomi Tulang Tengkorak Manusia 

Demikian artikel mengenai Bagian-bagian Lidah dan Fungsinya  . Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda mengenai pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.