Categories
Biologi

Hewan Omnivora : Pengertian, Ciri-Ciri, dan Contoh Hewan Omnivora dengan Penjelasannya

Berdasarkan jenis makanannya, klasifikasi hewan dibagi menjadi tiga yaitu Herbivora, Omnivora, dan Karnivora. Setelah sebelumnya kita membahas tentang Hewan Herbivora dan Karnivora, kali ini secara khusus kita akan membahas tentang hewan Omnivora, meliputi pengertian hewan Omnivora, Ciri-ciri dan contoh hewan Omnivora lengkap dengan penjelasannya.

Hewan membutuhkan makanan yang mengandung nutrisi dan protein sebagai sumber energi untuk bertahan hidup. Herbivora merupakan kelompok hewan pemakan tumbuh tumbuhan. Karnivora merupakan kelompok hewan pemakan daging. Sedangkan Omnivora merupakan gabungan dari herbivora dan karnivora atau pemakan segala. Ada banyak jenis hewan omnivora yang hidup disekitar kita baik hidup di darat atau hidup di air, contohnya orang utan, ikan lele dan lain sebagainya. Untuk lebih lengkapnya simak penjelasan dibawah ini tentang hewan omnivora.

Baca Juga : Pengertian Hewan Karnivora

Pengertian Hewan Omnivora

Omnivora berasal dari bahasa latin yaitu Omne dan vorera yang artinya semua melahap. Dapat disimpulkan bahwa Omnivora merupakan spesies hewan pemakan semua baik tumbuhan dan bahan hewani atau pemakan daging.

Hewan omnivora merupakan gabungan antara hewan herbivora dan hewan karnivora. Hewan omnivora ada yang hidup dan berasal dari darat namun ada juga yang hidup dan berasal dari air.

Kebanyakan hewan omnivora bukan hewan buas seperti hewan karnivora. Karena meskipun memakan daging, hewan omnivora hanya memakan daging dari binatang yang lebih kecil dari tubuhnya dan bukan menjadi makanan utamanya. Sama halnya juga meskipun memakan tumbuhan, hewan omnivora berbeda dengan hewan herbivora yang dapat memakan semua jenis tumbuhan. Hewan herbivora hanya memakan jenis tanaman tertentu dan pada bagian tertentu saja, misalnya daun muda dan sebagainya.

Berbeda dengan hewan karnivora dan herbivora, hewan omnivora memiliki peluang yang lebih besar untuk selamat dari perubahan lingkungan. Hal ini dikarenakan omnivora dapat mengatur pola makan berdasarkan ketersediaan makanan di lingkungan mereka.

Baca Juga : Pengertian Hewan Herbivora 

Ciri-Ciri Hewan Omnivora

Berdasarkan jenis makananya, hewan Omnivora memiliki karakteristik dan ciri-ciri yang berbeda dengan jenis hewan Herbivora ataupun karnivora. Meskipun tidak menutup kemungkinan masih terdapat beberapa kesamaan ciri-ciri yang satu dengan lainnya. Untuk lebih jelasnya berikut ini ciri-ciri hewan Omnivora. antara lain:

  • Hewan omnivora pemakan segala, baik tumbuhan, daging, jamur ataupun alga.
  • Omnivora dapat ditemukan di hampir semua ekosistem baik darat maupun air.
  • Sebagian besar omnivora adalah oportunis
  • Hewan omnivora memiliki tulang belakang dan tulang punggung
  • Biasanya dalam rantai makanan, hewan omnivora ada dibagian tengah dan menjadi predator ataupun mangsa.
  • Hewan omnivora memiliki sistem pencernaan yang kompleks.
  • Omnivora memiliki gigi geraham untuk mengunyah atau menggiling makanan. Gigi taring untuk menarik atau merobek makanan.
  • Namun ada juga omnivora yang tidak memiliki gigi seperti ayam.
  • Hanya saja ayam memiliki kantung pencernaan yang dipenuhi dengan batu (gizzard) untuk menghancurkan makanan.
  • Sebagian besar omnivora buka hewan mamalia dan sebagian adalah hewan mamalia.
  • Omnivora berkembang biak dengan bertelur dan ada juga yang melahirkan.

Baca Juga : Klasifikasi Hewan Vertebrata

Contoh Hewan Omnivora dan Penjelasannya

Contoh hewan omnivora memiliki kategori yang sangat luas dan sangat beragam yaitu mencakup hewan berukuran besar hingga yang berukuran kecil seperti semut. Berikut ini adalah beberapa contoh hewan omnivora dan penjelasannya.

1. Ayam

Ayam memiliki nama latin Gallus gallus domesticus dan termasuk dalam hewan omnivora jenis unggas karena ayam dapat memakan jenis pakan nabati ataupun pakan hewani.

Selain itu, ayam juga memakan biji-bijian seperti kedelai, jagung, kacang-kacangan, biji bunga dan gandum. Ayam juga memakan pucuk atau tunas muda tanaman, rumput muda, serangga, cacing dan jenis ulat tertentu.

Jika dulu ayam hidup liar dihutan, kini ayam sering menjadi hewan peliharaan atau peternakan dan biasanya diberi makan tepung atau dedak.

2. Ikan Lele

Sebagian besar spesies ikan lele merupakan hewan omnivora karena ikan lele dapat memakan ikan lain, invertebrata, tanaman air dan telur ikan. Namun spesies lele dari keluarga Loricariidae memiliki jenis makanan yang cukup aneh yaitu memakan kayu dan ganggang.

Sedangkan spesies lainnya memiliki sifat parasit dan dapat memakan darah ikan lain.

Baca Juga : Perkembangbiakan Vegetatif Pada Hewan

3. Orang Utan

Orang utan memiliki nama latin Pongo merupakan hewan omnivora dengan ciri khas bulu berwarna coklat kemerahan dan memiliki lengan panjang.

Orang utan biasa makan jenis makanan seperti tumbuhan, buah-buahan, madu, jamur, nektar hingga serangga. Sedangkan untuk minum, biasanya orang utan mencari minum melalui lubang-lubang pada pohon yang terisi air hujan untuk diminum.

4. Anjing Hutan

Anjing Hutan memiliki nama latin Cuon Alpinus dan termasuk dalam jenis hewan omnivora karena memakan buah-buahan, rumput dan memakan hewan yang lebih kecil dari tubuhnya seperti kelinci, tupai, serangga, burung dan hewan kecil lainnya.

Anjing hutan termasuk jenis hewan buas ketika dirinya merasa terancam, namun biasanya anjing hutan hanya menyerang makhluk hidup yang berukuran lebih kecil dari tubuhnya.

Baca Juga : Perkembangbiakan Generatif pada Hewan

5. Simpanse

Simpanse memiliki nama genus Pan yang termasuk hewan omnivora dengan ciri khas berbulu hitam. Simpanse biasa memakan tumbuh-tumbuhan seperti biji-bijian, buah-buahan, bunga dan serangga seperti semut dan lainnya.

Simpanse masih termasuk dalam keluarga Hominidae seperti orang utan dan gorila. Biasanya simpanse memiliki kelompok sosial yang hirarki komunitasnya terdiri dari multi jantan dan multi betina.

6. Monyet

Monyet termasuk hewan omnivora dan tergolong hewan mamalia atau hewan menyusui. Monyet juga termasuk hewan omnivora karena monyet bisa makan apa saja seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan hingga hewan kecil seperti serangga.

7. Gorila

Gorila termasuk dalam jenis omnivora kategori hewan mamalia dan termasuk dalam jenis hewan primata bertubuh besar dibandingkan dengan jenis hewan primata lainnya.

Gorila disebut sebagai hewan omnivora karena bisa memakan apasaja seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan hingga hewan kecil seperti serangga dan lainnya.

Perlu diketahui juga, bahwa gorila memiliki DNA layaknya manusia yaitu sekitar 97- 98%. Kemiripan DNA tersebut dapat dilihat dari struktur tubuh gorila seperti memiliki tubuh tegak, memiliki kaki dan tangan yang memiliki fungsi layaknya manusia serta memiliki nilai intelegensi yang cukup tinggi.

Baca Juga : Contoh Hewan Tidak Mengalami Metamorfosis 

8. Lumba lumba

Lumba lumba merupakan jenis hewan air yang dikenal bersahabt dekat dengan manusia. Lumba lumba termasuk hewan mamalia laut jenis omnivora. Hal ini karena lumba-lumba bisa memakan apasaja seperti plankton, cumi-cumi, ikan kecil dan lainnya.

Lumba-lumba memiliki sonar sistem yang berguna untuk berkomunikasi dan melihat keberadaan benda yang ada disekitarnya.

9. Burung Flamingo

Burung Flamingo memiliki nama latin Phoenicopterusewan dan termasuk dalam jenis burung cantik dengan warna bulu kemerahan serta memiliki kaki jenjang dan paruh unik. Flamingo biasanya hidup secara bergerombol sehingga terlihat sangat eksotik.

Flamingo termasuk dalam jenis hewan omnivora karena hewan ini bisa memakan apa saja seperti alga dan udang. Keduanya merupakan jenis makanan utama burung Flamingo karena kaya nutrisi.

Paruh burung Flamingo berfungsi untuk menyaring makanan. Warna kemerahan pada tubuh burung Flamingo merupakan efek dari banyaknya beta karotin dari makanan yang dikonsumsinya. Seperti yang kita ketahui, udang dan alga memiliki kandungan betakarotin yang cukup tinggi.

Baca Juga : Klasifikasi Hewan InVertebrata

10. Beruang Hitam

Beruang hitam memiliki nama latin Ursus thibetanus dan biasanya hidup di pedalaman hutan. Beruang hitam termasuk jenis hewan omnivora karena dapat memakan jenis buah-buahan, akar dan mamalia kecil seperti serangga, ikan dan lainnya.

Contoh Hewan Omnivora Lainnya:

[table id=15 /]

Demikian artikel mengenai Pengertian Hewan Omnivora. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda mengenai pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.