Herbivora : Pengertian Hewan Herbivora, Ciri-Ciri, dan Contoh Hewan dengan Penjelasannya

Posted on

Herbivora merupakan kelompok hewan pemakan tumbuhan dan umumnya hewan tidak memiliki gigi taring yang tajam. Berdasarkan jenis makanannya, klasifikasi hewan dibagi menjadi tiga yaitu Herbivora, Omnivora, dan Karnivora. Namun kali ini secara khusus kita akan membahas tentang hewan Herbivora, meliputi pengertian hewan herbivora, Ciri-ciri dan contoh hewan herbivora lengkap dengan penjelasannya.

Pengertian Hewan Herbivora

Hewan herbivora adalah penggolongan hewan pemakan tumbuh tumbuhan dan buka pemakan daging. Maka selain memakan tumbuhan tidak disebut sebagai hewan herbivora.

Hewan membutuhkan makanan yang mengandung nutrisi dan protein sebagai sumber energi untuk bertahan hidup dan hewan herbivora mendapatkan nutrisi melalui protein tumbuhan.

Hewan herbivora memiliki sistem pencernaan khusus sehingga dapat mencerna jenis tanaman termasuk rumput. Selain itu, hewan herbivora dalam sistem trofik mengangkut energi fotosintesisi sehingga dikenal sebagai konsumen utama.

Umumnya, jenis hewan herbivora banyak tinggal di tempat seperti hutan, padang rumput dan persawahan. Selain itu, hewan herbivora memiliki cara hidup berkelompok dengan sesama jenisnya dan sebagian juga hidup berkeluarga seperti kambing dan anak-anaknya.

Biasanya hewan herbivora memakan tanaman apa saja yang ditemukan di alam seperti daun muda, rumput, buah, kulit kayu, cabang kecil, akar dan buah. Namun, terdapat herbivora yang hanya memakan satu bagian tanaman saja, misalkan bagian buah atau daunnya saja.

Baca Juga : Klasifikasi Hewan InVertebrata

Herbivora dibedakan menjadi empat kelompok yaitu Granivora (pemakan biji), Frugivora (pemakan buah), Folivora (pemakan daun), dan Nektivora (pemakan nektar/sari bunga).

Sebagian besar hewan herbivora adalah hewan jinak, maka hewan herbivora kebanyakan di mangsa oleh hewan karnivora (hewan pemakan daging). Selain itu, hewan herbivora juga kerap di buru oleh manusia untuk dikonsumsi karena memiliki daging yang enak.

Ada banyak jenis hewan herbivora dan sebagian ada yang dijadikan sebagai hewan ternak karena jenis hewan herbivora mudah dalam pemberian makan yaitu hanya memberikan rumput muda atau daun muda, selain itu beternak juga memiliki manfaat untuk meningkatkan perekonomian peternak.

Ciri-Ciri Hewan Herbivora

Hewan herbivora memiliki karakteristik dan ciri-ciri yang berbeda dengan hewan lainnya. Untuk lebih jelasnya berikut ini ciri-ciri hewan herbivora, antara lain:

  • Makanan utama herbivora adalah tumbuh-tumbuhan atau rumput.
  • Herbivora adalah hewan autotrof atau organisme yang dapat menghasilkan makanan sendiri.
  • Untuk kelangsungan hidupnya herbivora bergantung pada tanaman.
  • Herbivora memiliki kebutuhan energi yang lebih tinggi dibandingkan dengan hewan omnivora atau karnivora.
  • Hewan herbivora memiliki gigi geraham yang kuat dan rata untuk mengunyah dan menggiling makanan yang berserat dan keras.
  • Gigi bagian depan berfungsi untuk menarik atau mengoyak tanaman.
  • Termasuk hewan menyusui (mamalia) dan berkembang biak dengan cara melakhirkan (vivipar).
  • Sebagian besar hewan herbivora hidup secara berkelompok di wilayah daratan.
  • Herbivora termasuk hewan berdarah panas.
  • Herbivora termasuk hewan bertulang belakang.
  • Banyak jenis hewan herbivora yang hidup di sekitar manusia.
  • Banyak jenis hewan herbivora adalah berkaki empat.

Baca Juga : Contoh Hewan Tidak Mengalami Metamorfosis 

Contoh Hewan Herbivora dan Penjelasanya

Pada umumnya jenis hewan herbivora banyak yang hidup persawahan, perkebunan, hutan maupun padang rumput, dan aja juga jenis herbivora yang diperlihara menjadi hewan ternak. Ada banyak jenis hewan herbivora, namun berikut ini kami berikan beberapa contoh herbivora yang paling banyak dikenal dan penjelasannya:

1. Sapi

Sapi merupakan salah satu herbivora pemakan rumput dan daun-daunan. Sapi memiliki nama ilmiah Bos Taurus yang awalnya merupakan hewan ternak yang berasal dari suku bovidae dan anak suku bovinae. Namun setelah itu menyebar luas kedaerah seluruh dunia hingga ke Indonesia.

Dulu sapi hanya dimanfaatkan sebagai alat bajak sawah dan menarik barang. Namun kini Sapi menjadi salah satu hewan ternak yang dimanfaatkan untuk kebutuhan hidup manusia, seperti pada daging, kulit dan susunya, bahkan kotorannya juga dimanfaatkan sebagai pupuk kandang.

Beberapa jenis sapu dan asalnya, seperti sapi Limousin dari prancis, sapi brahman dari Amerika Serikat, sapi simetal berasal dari Australia, dan jenis sapi lainnya.

Baca Juga : Perkembangbiakan Generatif pada Hewan

2. Kuda

Kuda memiliki nama ilmiah Equus caballus dan menjadi sepuluh mamalia modern yang berasal dari genus Equua. Kuda memiliki peranan yang cukup penting bagi manusia sejak tahun-tahun lalu. Kuda tergolong sebagai hewan yang sangat kuat sehingga kuda sering dimanfaatkan sebagai hewan pengangkut barang, bahkan kuda menjadi salah satu hewan yang digunakan untuk perang pada jaman Nabi.

Namun, selain sebagai pengangkut barang, kini kuda sudah banyak dijadikan sebagai hewan ternak. Selain itu, susu yang dihasilkan kuda juga memiliki khasiat yang menyehatkan sehingga banyak dimanfaatkan oleh manusia.

3. Kambing

Kambing memiliki nama ilmiah Capra aegagrus hircus dan menjadi salah satu hewan yang telah dibudidayakan oleh manusia sejak 9000tahun lalu. Kambing memiliki gigi geraham yang digunakna untuk mengunyah rumput, memiliki empat kaki yang memungkinkan dirinya dapat berlari kencang untuk menghindar dari serangan hewan buas.

Di alam liar kambing hidup secara berkelompok, mulai dari 7 hingga 20 ekor. Sedangkan kini, kambing sering dijadikan sebagai hewan ternak dan dagingnya sering dikonsumsi karena memiliki kandungan protein yang baik untuk tubuh. Selain itu, susu kambing juga bermanfaat sebagai minuman berkhasiat.

Baca Juga : Perkembangbiakan Vegetatif Pada Hewan

4. Gajah

Gajah merupakan hewan mamalia atau hewan menyusui yang memiliki tubuh besar, telinga lebar, mata sipit dan hidung berupa belalai. Gajah termasuk hewan herbivora dapat kita jumpai di beberapa habitat seperti hutan, gurun, sabana hingga daerah rawa.

Gajah bertahan hidup dengan memakan tumbuh-tumbuhan yang ada disekitarnya. Gajah betika biasa lebih cenderung hidup secara berkelompok keluarga yang kelompoknya terdiri dari satu betina dan anak-anaknya atau beberapa betina dengan anak-anaknya. Dalam satu kelompok ini dipimpin oleh individu gajah yang disebut dengan Nenek Gajah atau gajah betina tertua.

Gajah memiliki gigi geraham yang cukup banyak yang berfungsi untuk mengunyah makanan. Belalai gajah terdiri dari gabungan hidung dan bibir atas gajah. Bebelai menjadi organ yang sangat penting bagi gajah, karena memiliki otot yang kuat, selain itu belalai juga digunakan untuk melakukan aktifitas seperti makan, minum dan lain-lain.

Beberapa contoh hewan herbivora lainnya seperti:

KambingRusaAnoaKambing GunungUlat
SapiKijangKangguruBeaverKupu-Kupu
KudaGazelBabi HutanPikaBelalang
DombaKaribuKuda NilIguanaWereng
KerbauBadakMooseKadal Ekor BerduriNgengat
BantengWildebeestBisonSalamanderJangkrik Semak
KeledaiUntaLlamaBengkarungKura-Kura Darat
GajahKelinciAlpakaPlatipusSiput
JerapahTapirBaboonBurung Kakak TuaDuyung
ZebraKoalaTerweluBeruduLembu Laut

Baca Juga : Klasifikasi Hewan Vertebrata

Demikian artikel mengenai Pengertian Hewan Herbivora . Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda mengenai pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.