Categories
Biologi

Perbedaan Sel Prokariotik dan Sel Eukariotik pada Makhluk Hidup dengan Penjelasan Terlengkap

Sel prokariotik dan sel eukariotik merupakan sebuah ruang berukuran kecil dengan dinding membran yang berisi cairan kimia pekat dalam pelarut air. Sel-sel tersebut merupakan bagian dari semua makhluk hidup. Sel eukariotik terdapat pada makroorganisme seperti tumbuhan dan hewan, sedangkan sel prokariotik terdapat pada mikroorganisme sel tunggal seperti bakteri.

Meskipun keduanya merupakan golongan sel makhluk hidup, sel prokariotik dan sel eukariotik memiliki beberapa perbedaan mendasar antar keduanya. Perbedaan paling umum dari sel eukariotik lebij kompleks dan lebih besar daripada sel prokariotik. Selain itu terdapat beberapa perbedaan lainnya, untuk lebih jelasnya berikut ini kita akan membahas tentang perbedaan sel prokariotik dan sel eukariotik lengkap dengan penjelasannya.

Baca Juga : Sistem Peredaran Darah Pada Manusia

Pengertian Sel Prokariotik

Prokariotik berasal dari bahasa yunani πρό- (pro-) yang artinya “sebelum” dan “κάρυον(karyon)” yang artinya “inti”. Prokariotik merupakan salah satu organisme yang tidak memiliki membran inti (nukleus) dan berbagai membran lain yang ada didalam tubuh organelnya.

Jadi dapat disimpulkan, sel prokariotik adalah sejenis sel yang tidak memiliki kompleksitas tinggi jika dibandingkan dengan jenis sel lainnya seperti sel eukariotik, sel prokariotik juga tidak memiliki nukleus dan organel membran lainnya.

Sel prokariotik merupakan sel penyusun dari beberapa jenis organisme bersel satu seperti domain Archaea dan domain Bacteria.

Baca Juga : Pengertian Sel Prokariotik

Pengertian Sel Eukariotik

Eukariotik merupakan istilah yang berasal dari bahasa Yunani yaitu “ευ (Eu) ” artinya “sejati” dan “κάρυον(karyon)” artinya “inti”. Eukariotik adalah suatu organisme yang memiliki sel dan di setiap sel eukariotiknya memiliki inti sel (nukleus) dan berbagai membran lain yang ada didalam tubuh organelnya.

Sel eukariotik merupakan jenis sel dengan kompleksitas lebih tinggi dibandingan dengan jenis sel lainnya seperti prokariota. Eukariotik berada di dalam takson Eukarya (Eukaryota). Sel eukariotik adalah jenis sel yang memiliki sistem endomembran seperti mitokondria dan badan golgi.

Sel eukariotik berbentuk uniseluler (memiliki 1 sel) dan multiseluler (banyak sel) yang menyusun tubuh organisme.

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan, bahwa sel eukariotik adalah sel yang mengandung inti terorganisir dan organel yang diselimuti oleh organel yang diselimuti oleh membran. Sel eukariotik dapat ditemukan pada Tumbuhan, Hewan, Jamur dan Protista.

Baca Juga : Pengertian Sel Eukariotik

Perbedaan Sel Prokariotik dan Sel Eukariotik

1. Dinding sel
Sel prokariotik memiliki dinding sel yang cukup kompleks dan memiliki kandungan peptidoglycan, Sedangkan pada sel eukariotik dinding sel hanya memiliki komposisi kimia sederhana.

2. Flagea
Pada sel prokariotik flagea memiliki kandungan dua protein penyusun, sedangkan pada sel eukariotik disusun atas banyaknya mikrotubula.

3. Inti Sel
Sel prokariotik tidak memiliki membran inti atau nucleus tidak nyata yang tersebar pada sitoplasma. Sedangkan pada sel Eukariotik memiliki inti sel nyata karena memiliki membran inti.

Baca Juga : Fungsi Otot Jantung

4. Ukuran Sel
Sel prokariotik memiliki diameter 0,2-2.0µm, sedangkan sel eukariotik memiliki diameter 10-100µm. Disimpulkan bahwa sel eukariotik memiliki ukuran lebih besar dibandingkan sel prokariotik.

5. Kloroplas
Kloroplas hanya terdapat pada sel prokariotik tumbuhan saja.

6. Glikokaliks
Sel prokariotik memiliki glikokaliks berbentuk seperti kaprul atau lapisan lendir, sedangkan pada sel eukariotik terdapat sel namun tidak memiliki dinding sel.

7. Membran sel
Membran sel pada sel prokariotik tidak mengandung karbohidrat dan kurang memiliki kandungan steroid. Sedangkan pada sel eukariotik memiliki kandungan steroid dan karbohidrat yang dapat berfungsi sebagai reseptor.

Baca Juga : Fungsi Otot Rangka

8. Sitoplasma
Pada sel eukariotik memiliki sitoskeleton dan aliran sitoplasma, sedangkan pada sel prokariotik tidak memiliki sitoskeleton.

9. Ribosom
Sel eukariotik memiliki ukuran ribosom yang lebih besar dibandingkan dengan ukuran ribosom di sel prokariotik.

10. Susunan Kromosom (ADN/DNA)
Sel prokariotik memiliki kromosom sirkular namun tidak mengandung histon, sedangkan pada sel eukariotik memiliki bentuk multiple linear dan memiliki kandungan histon.

11. Pembelahan sel
Sel prokarotik membelah diri secara binari fisik, sedangkan sel eukaritok dengan cara mitosis.

12. Organel terbungkus membran
Organel yang terbungkus oleh membran hanya ada pada sel eukariotik. Seluruh organel sel terbungkul oleh membran seperti mitokondria, retikulum endoplasme, lisosom dan organel sel lainnya.

13. Operon
Operan hanya terdapat pada sel prokariotik saja.

14. Reproduksi Seksual
Pada sel prokariotik tidak dapat melakukan meiosis tapu dapat melakukan konjugasi, sedangkan pada sel eukariotik dapat melakukan meiosis.

15. Permeabilitas membran inti
Permeabilitas membran inti pada sel prokariotik selektif namun pada sek eukariotik tidak.

Baca Juga : Bagian Bagian Mata dan Fungsinya

Tabel Perbedaan Sel Prokariotik dan Sel Eukariotik

[table id=17 /]

Demikian artikel mengenai Perbedaan Sel Prokariotik dan Sel Eukariotik. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda mengenai pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.