Categories
Biologi

Otot Rangka – Ciri-Ciri, Fungsi, Bagian dan Cara Kerja Lengkap dengan Penjelasananya

Otot merupakan jaringan konektif dalam tubuh yang salah satu fungsinya untuk kontraksi dan relaksasi. Jaringan otot memiliki susunan sel otot yang berfungsi untuk menggerakkan organ tubuh. Terdapat tiga jenis otot yang memiliki peran penting dalam tubuh manusia, yaitu otot lurik, otot jantung, dan otot polos. Jenis jenis otot tersebut akan dibahas satu persatu. Kali ini kita akan membahas tentang otot rangka atau disebut juga dengan otot lurik.

Otot rangka atau otot lurik merupakan jenis otot yang menempel pada rangka manusia yang digunakan untuk pergerakkan. Disebut sebagai otot lurik karena otot ini memiliki tampilan lurik antara gelap (aktin) dan terang (miosin) dengan tampilan selang seling. Berbeda dengan otot polos yang bergerak tanpa kita sadari, otot lurik dapat digerakkan sesuai dengan kehendak kita atau disebut dengan otot motorik. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan dibawah ini tentang Otot Rangka meliputi Ciri-Ciri, Fungsi, Bagian dan Cara Kerja otot rangka dengan penjelasan terlengkap.

Baca Juga : Otot Polos

Otot Rangka

Otot rangka merupakan bagian bagian dari sistem otot yang berkaitan erat dengan sistem muskuloskeletal. Otot rangka adalah jaringan otot yang melekat pada tulang manusia dan menjadi satu-satunya jaringan otot yang dapat dikendalikan secara sadar.

Otot rangka merupakan salah satu sistem otot manusia terpenting karena terletak di seluruh bagian tubuh. Kontraksi otot rangka berfungsi untuk menggerakkan bagian-bagian tubuh lebih dekat ke tulang yang melekat pada otot.

Sebagian besar otot rangka melekat pada dua tulang di sepanjang sendi yang berfungsi untuk menggerakkan bagian-bagian tulang lebih dekat satu sama lain. Tidak hanya berfungsi untuk menggerakkan, otot rangka juga berfungsi untuk menghentikan.

Fungsi selanjutnya otot rangka yaitu dapat mencegah pergerakkan tulang dan sendi yang berlebihan yang bertujuan menjaga stabilitas tulang dan mencegah terjadinya kerusakan pada struktur tulang itu sendiri.

Jaringan otot rangka juga berfungsi membantu mengendalikan secara sadar fungsi-fungsi tertentu dalam tubuh seperti mengunyah dan proses buang air kecil maupun besar.

Selain itu, fungsi otot rangka lainnya yaitu untuk melindungi organ dalam, khususnya organ di area perut, dan membantu menopang berat dari organ-organ tersebut.

Sel otot rangka disebut juga sebagai otot lurik, dengan berbentuk silindris bercabang dengan inti sel banyak di tiap seratnya.

Baca Juga : Sistem Otot Manusia

Ciri Ciri Otot Lurik

Berikut ini ciri-ciri otot lurik yang membedakan dengan otot lainnya, ciri-ciri tersebut diantaranya:

  • Otot lurik melekat pada rangka tubuh manusia seperti pada otot paha, otot betis, otot dada dan di seluruh rangka tubuh manusia
  • Berbentuk silindris, panjang dan banyak inti sel (multinuklei)
  • Memiliki ribuan serabut berbentuk jaringan otot yang tersusun rapi
  • Otot lurik bergerak sesuai dengan kehendak kita atau disebut dengan otot motorik
  • Otot lurik bekerja dengan keras dan cepat namun mudah lelah, karena itulah perlu di istirahatkan secara berkala.
  • Otot rangka memiliki diameter 50mikron dan panjang sampai 2,5cm
  • Inti sel terletak di tepi (perifer)
  • Otot lurik cepat berkontraksi (berkerut)

Baca Juga : Mekanisme Kerja Otot Manusia

Bagian Otot Lurik

Otot lurik memiliki beberapa bagian, antara lain:

  • Sarkolema
    Sarkolema adalah membran yang melapisi sel otot yang berfungsi untuk melindungi otot.
  • Sarkoplasma
    Sarkoplasma adalah cairan sel otot yang berfungsi sebagai tempat miofibril dan miofilamen berada.
  • Miofibril
    Miofibril adalah serat-serat pada otot yang terbagi menjadi dua macam, yaitu:

    • Miofibril homogen terdapat pada otot polos
    • Miofibril heterogen terdapat pada otot jantung dan otot rangka
  • Miofilamen
    Miofilamen adalah benang-benang atau filamen halus yang berasal dari miofibril

Baca Juga : Bagian Bagian Mata dan Fungsinya

Fungsi Otot Lurik

  • Otot lurik berfungsi untuk menggerakkan rangka tubuh manusia dan hewan.
  • Dengan otot lurik maka tubuh dapat bergerak sesuai dengan kehendak perintah tubuh.
  • Otot lurik membantu ketika tubuh bekerja secara keras dan cepat.
  • Fungsi utama otot lurik yaitu memicu kontraksi yang menunjang pergerakkan dan pernapasan.

Cara Kerja Otot Lurik

Otot lurik bekerja dengan berkontraksi dan relaksasi. Kontraksi terjadi saat melakukan gerakan yang membutuhkan kekuatan dan kerja lebih ekstra, seperti saat menaiki anak tangga atau berlari. Relaksasi dilakukan dengan melenturkan bagian tubuh ketika tubuh selesai beraktivitas atau melakukan tugas berat dengan mereganggkan tubuh.

Relaksasi berguna untuk mencegah kram atau tekanan serta mengembalikan kekuatan setelah tubuh melakukan aktivitas berat.

Seluruh gerakan di kendalikan oleh bagian otak yang mengatur syaraf pusat dengan mengolah perintah manusia. Misalnya merespon ketika berjalan maupun berlari lalu meminta otot bagian tubuh yang dibutuhkan bergerak mengikuti kemauan kita.

Cara kerja otot rangka dilakukan dalam keadaan sadar atau dikendalikan secara langsung oleh individu.

Baca Juga : Fungsi dan Susunan Tulang Pergelangan Tangan

Demikian artikel mengenai Fungsi Otot Rangka . Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda mengenai pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.