Categories
Biologi

55 Contoh Hewan Pemakan Serangga (Insektivora) : Pengertian, Ciri-Ciri dan Contoh Hewan dengan Penjelasannya

Selain Herbivora, Omnivora, dan Karnivora, berdasaran jenis makanannya ada juga jenis hewan insektivora atau hewan pemakan serangga. Jenis hewan insektivora termasuk jenis hewan yang jarang kita ketahui, untuk itu secara khusus kali ini kita akan membahas tentang hewan insektivora meliputi pengertian, ciri-ciri dan contoh hewan insektivora dengan penjelasannya.

Ada banyak jenis hewan insektivora yang ada disekitar lingkungan kita namun sebagian kita tidak menyadari adanya jenis hewan insektivora tersebut. Salah satu jenis hewan insektivora yang sering kita temukan yaitu capung, cicak, laba-laba dan sebagainya.

Baca Juga : Pengertian Hewan Omnivora

Untuk lebih jelasnya simak penjelasan dibawah ini.

Pengertian Insektivora

Insektivora adalah istilah yang digunakan untuk organisme pemakan serangga kecil dan hewan-hewan berukuran kecil. Pada umumnya, jenis hewan insektivora memiliki ukuran tubuh yang kecil, meskipun ada sebagian hewan yang berukuran agak besar dan biasanya memiliki habitat utama di darat meskipun ada juga yang hidup di air seperti ikan.

Beberapa jenis serangga yang biasanya menjadi mangsa atau makanan hewan insektivora seperti lalat, semut, laba-baba, anak katak dan jenis hewan-hewan kecil lainnya.

Baca Juga : Pengertian Hewan Karnivora

Ciri-ciri Hewan Insektivora

  • Hewan insektivora memiliki ukuran tubuh yang kecil dan agak besar.
  • Memiliki gigi depan yang tajam.
  • Tidak memiliki posorbital.
  • Bentuk tulang air mata tidak melebar ke bagian bawah.
  • Memiliki taju paroccipital yang jelas.
  • Biasanya termasuk hewan mamalia terestial yang hidup dilubang, pohon atau amfibus.

Baca Juga : Pengertian Hewan Herbivora 

Contoh Hewan Insektivora dan Penjelasannya

Berikut ini adalah beberapa contoh hewan insektivora dan penjelasannya.

1. Biawak
Biawak merupakan jenis hewan insektivora atau hewan pemakan serangga yang masuk dalam jenis hewan reptil dan kadal besar. Selain memakan serangga, biawak juga memakan hewan lain seperti babi hutan, rusa dan kerbau. Hal ini karena biawak memiliki ukuran yang cukup besar dan memiliki gigi serta kuku tajam.

2. Bunglon
Bunglon termasuk dalam jenis hewan reptil yang masuk dalam jenis hewan pemakan serangga. Bunglon memiliki kemampuan mengubah warna kulitnya untuk menyesuaikan dengan lingkungannya dan untuk mengelabuhi mangsanya. Bunglon memakan serangga-serangga terbang dengan menggunakan menjulurkan lidahnya yang panjang.

Baca Juga : Klasifikasi Hewan Vertebrata

3. Burung But But
Burung but but merupakan jenis hewan insektivora atau hewan pemakan serangga atau hewan kecil yang termasuk dalam spesies burung dari keluarga cuculidae. Habitat utama burung but-but adalah di tepi hutan, semmak-semak dan hutan mangrove.

3. Capung
Capung merupakan hewan insektivora berukuran kecil dan memiliki sayap untuk terbang. Capung biasanya memakan serangga-serangga kecil. Capung berkembang biak dengan cara bertelur (ovipar). Habitat utama capung yaitu daerah hutan, sawah, sungai, kebun, danau dan lainnya.

4. Cicak
Cicak termasuk hewan insektivora yang paling sering ditemui karena biasanya cicak hinggap di dinding rumah. Cicak memiliki makanan utama seperti nyamuk dan serangga kecil. Salah satu kelebihan dari katak yaitu memutuskan ekornya untuk melindungi diri.

Baca Juga : Perkembangbiakan Vegetatif Pada Hewan

5. Iguana
Iguana merupakan jenis hewan insektivora atau hewan pemakan serangga yang hidup di daerah beriklim tropis seperti di Amerika Serikat. Iguana memiliki penglihatan yang baik pada jarak jauh bahkan dapat melihat bayangan. Umumnya iguana memiliki warna tubuh hijau alami seperti daun yang digunakan untuk melindungi dirinya dari pemangsa. Meskipun kini banyak iguana dengan warna-warna yang lebih menarik.

6. Ikan
Jenis ikan tawar merupakan jenis hewan insektivora karena biasanya mereka memakan serangga yang masih dalam bentuk telur. Contohnya ikan yang memakan jentik-jentik nyamuk dalam sebuah kolam. Namun ada beberapa jenis ikan yang memakan serangga yang telah berbentuk sempurna.

7. Kadal
Kadal termasuk dalam hewan reptil dan masih dalam kerabat tokek, cicak, bunglon, biawak dan iguana. Kadal juga termasuk hewan insektivora yang memakan serangga yang ditangkap menggunakan lidahnya.

Baca Juga : Perkembangbiakan Generatif pada Hewan

8. Katak
Katak merupakan salah satu hewan insektivora dan juga masuk dalam keluarga hewan amphibi karena dapat hidup di darat dan di air. Katak biasanya memakan serangga seperti nyamuk, belalang, dan serangga kecil lainnya. Meskipun dapat hidup di darat, habitat utama katak adalah di ekosistem air tawar di daerah iklim tropis. Katak memiliki kaki berselaput yang berfungsi untuk memudahkan ketika berenang. Memiliki lidah yang dapat emnjulur panjang untuk menangkap serangga yang terbang.

9. Laba-laba
Laba-laba termasuk dalam jenis hewan arthropoda berukuran kecil yang bertahan hidup dengan memakan serangga. Laba-laba mencari makanan dengan menggunakan jaringnya untuk menangkap serangga-serangga yang terbang disekitarnya. Serangga yang terperangkap dalam jaringnya akan
dimakan dan dijadikan sebagai sumber energi.

Baca Juga : Contoh Hewan Tidak Mengalami Metamorfosis 

10. Landak
Landak merupakan jenis hewan insektivora atau hewan pemakan serangga yang termasuk dalam jenis hewan pengerat dengan ciri khas berambut tebal berbentuk duri tajam. Duri tajam pada tubuhnya digunakan untuk melindungi diri dari predator. Landak banyak ditemukan di Benua Asia, Amerika, Afrika dan menyebar ke daerah tropika.

11. Rakun
Rakun merupakan jenis hewan mamalia berukuran sedang yang berasal dari Amerika Serikan dan termasuk dalam jenis hewan insektivora atau pemakan serangga. Rakun memiliki kulit berupa rambut berwarna abu-abu tebal yang menutupi tubuhnya.

12. Tikus
Tikus merupakan jenis hewan insektivora atau hewan pemakan serangga yang sering ditemui di rumah dan termasuk jenis hama tanaman. Tikus termasuk hewam mamalia dan makanan utama tikus adalah hewan-hewan atau serangga kecil. Selain insektivora, tikus juga memiliki beberapa spesies lain yang masuk dalam jenis hewan omnivora.

Baca Juga : Klasifikasi Hewan InVertebrata

13. Tokek
Tokek merupakan kerabat dari cicak dan masih dalam satu suku Gekkonidae. Tokek memiliki bentuk tubuh yang mirip dengan cicak namun memiliki ukuran dan corak warna yang berbeda. Tokek juga termasuk dalam jenis reptil yang hidup disekitar kita dan biasanya bersembunyi di atap rumah. Sama seperti cicak, tokek memiliki makanan utama seperti nyamuk dan serangga kecil.

14. Trenggiling
Trenggiling merupakan salah satu hewan insektivora yang sudah sangat langka. Satu keluarga trenggiling yang masih bertahan hidup adalah kelompok dari Manidae. Kelompok Manidae memiliki 3 generasi yaitu Manidae, Phataginus, dan Smutsia. Trenggiling termasuk dalam hewan mamalia yang biasanya memakan serangga seperti semut bersisik. Disebut trenggiling karena hewan ini sering menggiling atau menggulingkan tubuhnya untuk melindungi diri dari musuhnya.

15. Armadillo
Armadillo merupakan jenis hewan insektivora atau hewan pemakan serangga dan termasuk dalam jenis hewan mamalia plasental bertubuh kecil. Normalnya, hewan ini memiliki ukuran tubuh 75cm hingga 90cm. Armadillo merupakan hewan asli Amerika Serikat yang bisa hidup di segala lingkungan.

Contoh Hewan Insektivora lainnya: 

[table id=16 /]

Demikian artikel mengenai Pengertian Hewan Pemakan Serangga (Insektivora) . Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda mengenai pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.