Categories
Fisika

Cabang Ilmu Fisika dan Penjelasannya Lengkap dengan Contoh

Dalam dunia pendidikan, fisika merupakan mata pelajaran yang sudah kita pelajari mulai dari sekolah dasar, mulai dari materi dasar hingga mempelajari cabang-cabang ilmu fisika yang bagi sebagian siswa biasanya menjadi salah satu mata pelajaran yang sulit dipahami dan membosankan. Namun akan menyenangkan ketika dipelajari secara sungguh-sungguh.

Secara umum, ilmu fisika merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang sifat dan fenomena atau kejadian alam dan keseluruhan interaksi yang terjadi didalamnya melalui proses pengamatan, pengukuran, analisis, dan kesimpulan, sehingga menghasilkan akhir yang akurat, hal ini karena  fisika termasuk ilmu eksak yang terbukti kebenarannya.

Ilmu fisika memiliki ruang lingkup pembahasan yang luas, sehingga terdapat cabang-cabang ilmu fisika yang merupakan perluasan dari ilmu fisika. Dengan mempelajari ilmu fisika diharapkan kita dapat mengetahui bagian dasar dari benda dan interaksi antar benda serta dapat menjelaskan tentang fenomena alam yang terjadi.

Di zaman modern seperti ini, perkembangan ilmu fisika sudah banyak diterapkan diberbagai bidang. Seperti pada ilmu kedokteran yang menggunakan ilmu fisika sebagai dasar pengetahuan dan dasar bertindak, Mobil dibuat berdasarkan prinsip mekanika, kulkas dibuat berdasarkan prinsip termodinamika dan lain sebagainya.

Berdasarkan cabangnya, ilmu fisika dibagi menjadi dua cabang, yaitu cabang fisika klasik dan cabang fisika modern. Cabang fisika klasik berkaitan pada bunyi, gerak dan lainnya, sedangkan cabang fisika modern muncul setelah penemuan Albert Einstein tentang atom. Dari kedua cabang utama tersebut, ilmu fisika dibagi lagi menjadi sub-sub cabangnya. Berikut ini bebera cabang ilmu fisika dan penjelasannya.

Baca Juga : Jenis Gerak Nasti Tumbuhan

Cabang Ilmu Fisika dan Penjelasannya

Astronomi

Astronomi juga termasuk cabang ilmu fisika yang mempelajari segala sesuatu yang berkaitan tentang perbintangan dan benda-benda luar angkasa.

Ekonomi Fisika

Ekonomi fisika adalah ilmu fisika yang mempelajari fisika yang dilihat dari sudut ekonomi.

Fisika Gelombang

Fisika Gelombang adalah cabang ilmu fisika yang mempelajari tentang gelombang.

Fisika Medis

Fisika medis adalah cabang ilmu fisika yang mempelajari hal yang berhubungan dengan dunia kesehatan dan kedokteran. Fisika medis dibagi menjadi tiga bagian yaitu biomekanika, biooptik, dan biolistrik, berikut penjelasannya:

  • Biomekanika mempelajari gaya dan hukum fluida dalam tubuh.
  • Biolistrik mempelajari hal yang berkaitan dengan kelistrikan pada sel atau jaringan makhluk hidup.
  • Biooptik mempelajari mata manusia dan alat optik.

Fisika Radiasi

Fisika radiasi adalah cabang ilmu fisika yang mempelajari proses energi gerak yang bergerak melalui media atau ruang dalam ruangan dan diserap oleh benda lain.

Fisika Lingkungan

Fisika lingkungan adalah cabang ilmu fisika yang mempelajari fenomena fisika dengan lingkungan yang berada dibumi dan udara yang berhubungan dengan kehidupan.

Fisika Quantum

Fisika quantum adalah cabang ilmu fisika yang mempelajari atom dan sum atom. Ilmu quantum berada diantara ilmu fisika dan ilmu kimia dengan sama-sama mempelajari bagian terkecil benda, yaitu atom.

Dalam ilmu fisika quatum, atom dan sub atom dipelajari terkait model pergerakannya, model molekul, teori model atom dan kecepatan geraknya. Sedangkan dalam ilmu kimia, atom dipelajari secara lebih luas dalam pembentukan dan penguraiannya. Fisika quantum disebut juga dengan fisika inti yang berkaitan dengan fisika dan kimia.

Baca Juga : Tumbukan Lenting Sempurna dan Contoh Soal

Fisika Listrik dan Magnet atau Elektronika

Fisik dan magnet merupakan cabang ilmu fisika yang mempelajari elektron atau pertikel yang bermuatan listrik dan magnet. Cabang ilmu fisika listrik dan magnet dibagi menjadi beberapa bagian, antara lain:

  • Bioelektromagnetik adalah bidang disiplin ilmu yang mempelajari fenomena listrik, magnetik dan elektromagnetik pada jaringan makhluk hidup.
  • Elektrostatis adalah bidang ilmu yang mempelajari listrik tetap, tidak berpindah atau listrik statis.
  • Elektrodinamis adalah bidang ilmu yang mempelajari muatan listrik yang mengalir atau berbanding terbalik dari Elektrostatis.
  • Elektrodinamis biasanya mempelajari arus listrik, daya, dan faktor yang mempengaruhinya.
  • Teknik Elektro atau Teknik listrik adalah bidang ilmu yang mempelajari aplikasi fisika listrik dan magnet yang memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Geofisika

Geofisika adalah ilmu fisika yang mempelajari gabungan dari beberapa ilmu sains yaitu ilmu fisika, geografi, kimia dan matematika. Dari segi fisika, ilmu yang dipelajari meliputi ilmu gempa atau seismologi, magnet bumi, gravitasi dan geo-elektro.

Mekanika

Mekanika adalah cabang ilmu fisika yang mempelajari tentang gerak benda. Contohnya gelombang dan cahaya termasuk mekanik. Mekanika merupakan cabang ilmu fisika yang mulai dipelajari sejak sekolah dasar. Mekanika dibagi menjadi 2 cabang, yaitu kinematika dan dinamika.

  • Kinematika adalah cabang ilmu fisika yang mempelajari gerak suatu benda tanpa meninjau penyebabnya benda tersebut bergerak.
  • Dinamika adalah cabang ilmu fisika yang mempelajari gerak suatu benda dengan terlebih dahulu menyelidiki sebab benda tersebut bergerak. Sebagai contohnya adalah Gaya. Terjadinya gaya disebabkan oleh sesuatu. Seperti pada gaya gravitasi yang membuat benda yang berada di atas permukaan bumi jatuh menuju inti bumi.

Mekanika Fluida

Fluida merupakan benda atau zat yang mengalami perubahan bentuk akibat adanya gaya. Mekanika fluida adalah cabang ilmu fisika yang mempelajari fluida yaitu zat cair dan gas, sedangkan benda padat tidak disebut dengan fluida karena tidak mengalir dan tidak berubah bentuknya. Mekanika fluida meliputi fluida dinamis dan fluida statis.

Optika Geometris

Optika Geometris adalah cabang ilmu fisika yang mempelajari tentang cahaya dan peralatan yang membantu penglihatan manusia, seperti alat optik contohnya kamera, kacamata, mikroskop, teleskop, terpong, dan lainnya.

Termodinamika

Termodinamika adalah cabang ilmu fisika yang mempelajari ilmu tentang energi dan perpindahan panas.

Demikian artikel mengenai Cabang Ilmu Fisika dan Penjelasannya . Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda mengenai pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.