Categories
Biologi

Tulang Panggul – Pengertian, Anatomi dan Perbedaan Tulang Panggul Pria & Wanita

Tulang merupakan salah satu komponen dalam tubuh yang berfungsi menyokong atau membentuk tubuh manusia. Manusia terdiri dari banyak komponen tulang yang membentuk rangka dan melindungi organ penting dalam tubuh manusia, salah satunya yaitu tulang panggul. Tulang panggul merupakan susunan tulang yang terletak diantara tulang punggung dan kaki. Tulang panggul merupakan bagian penting dalam tubuh manusia, karena dalam tulang panggul terdapat saraf utama, organ reproduksi, kandung kemih dan usus yang letaknya berdekatan dan terlindungi oleh tulang panggul.

Baca Juga : Bagian Bagian Tulang Manusia

Tulang panggul wanita dan tulang panggul pria memiliki perbedaan anatomi. Untuk itu, kali ini kita akan membahas secara lengkap tentang tulang panggul dengan penjelasannya.

Pengertian Tulang Panggul

Tulang merupakan jaringan ikat yang terdiri dari sel, serat dan matriks ekstraselular. Matriks ekstraselular merupakan bagian terkeras pada lapisan luar tulang yang terbentuk dari pengendapan mineral dalam matriks sehingga tulang tersebut mengalami klasifikasi. Sedangkan tulang panggul merupakan salah satu tulang yang memiliki peran penting dalam organ tubuh yang perlu dijaga kesehatannya.

Tulang panggul adalah susunan tulang yang terletak diantara tulang punggung dan kaki. Tulang panggul merupakan bagian penting dalam tubuh manusia, karena dalam tulang panggul terdapat saraf utama, organ reproduksi, kandung kemih dan usus yang letaknya berdekatan dan terlindungi oleh tulang panggul.

Baca Juga : Anatomi Tulang Tengkorak Manusia 

Tulang panggul terdiri dari tiga tulang yang menyatu, yaitu tulang pinggul, sakrum, dan tulang ekor. Untuk penjelasan lebih lengkap simak anatomi tulang panggul dibawah ini.

Anatomi Tulang Panggul

Tulang panggul terdiri dari tiga tulang yang menyatu, yaitu tulang pinggul, sakrum, dan tulang ekor. Berikut penjelasannya:

Tulang Pinggul

Tulang pinggul terdiri dari tiga bagian yaitu ilium, pubis dan ischium, berikut penjelasannya:

  • Illium adalah bagian terbesar dari tulang pinggul dengan bentuk lebar seperti kipas dan melengkung. Letak illium dapat kita rasakan dengan cara meletakkan tangan di bagian panggul.
  • Pubis adalah bagian terdepan dari pinggul yang posisinya dengan di organ kelamin berjumlah dua buah yang disebut dengan simfisis fubis.
  • Ischium adalah tulang yang menopang berat badan pada saat duduk dan sering disebut dengan tulang duduk. Ischium terletak di bawah ilium dan disamping pubis.

Sakrum

Sakrum terletak di bagian belakang panggul yang terdiri dari lima tulang belakang yang menyatu. Sakrum juga berfungsi menopang berat badan manusia.

Tulang Ekor

Tulang ekor berada dibagian bawah sakrum yang berfungsi sebagai penghubung berbagai otot yang membantu pada saat kita berjalan, berlari dan menggerakkan kaki.

Baca Juga : Anatomi Tulang Belakang Manusia

Perbedaan Tulang Tulang Panggul Wanita dan Pria

Tulang panggul antara pria dan wanita memiliki perbedaan mulai dari bentuk ataupun fungsinya. Berikut penjelasananya:

Perbedaan Berdasarkan Bentuknya

Berdasarkan bentuknya, bentuk anatomi tulang panggul pria dan wanita antara lain:

Tulang panggul pria adalah tipe android, memiliki ukuran lebih kecil, sempit dan lebih tinggi dibandingkan tulang panggul wanita.

Sedangkan tulang panggul wanita adalah tipe ginekoid , dengan bentuk rongga panggul oval dan lebih dangkal, dan lebar dibandingkan pada tulang panggul pria.

Kurva tulang sakrum pada pria lebih ramping, sedangkan kurva tulang sakrum pada wanita cenderung lebih besar.

Baca Juga : Fungsi Tulang Atas Manusia 

Perbedaan Berdasarkan Fungsinya

Tulang panggul pria lebih berfungsi sebagai alat gerak tubuh serta berfungsi sebagai tempat usus besar, testis dan penis, karena itulah tulang panggul pria memiliki ukuran cenderung lebih sempit.

Sedangkan tulang panggul wanita memiliki banyak fungsi seperti untuk melindungi vagina, serviks, atau mulut rahim, rahim, indung telur (ovarium), tuba falopi, usus besar, kandung kemih, dan saluran kemih. Karena itulah tulang panggul wanita memiliki ukuran yang lebih lebar dan dangkal. Selain itu, tulang panggul wanita juga memiliki peran pada masa kehamilan dan persalinan yaitu sebagai jalan lahir bayi.

Gangguan Pada Tulang Panggul

Meskipun di desain dengan sangat kuat, tulang panggul tetap masih mengalami beberapa gangguan kesehatan. Berikut ini beberapa gangguan kesehatan pada tulang panggul, antara lain:

  1. Osteoarthritis
    Osteoarthritis merupakan salah satu masalah kesehatan yang disebabkan karena rusaknya tulang rawan pada sendi panggul sehingga menyebabkan ujung-ujung tulang bergesekan dan menimbulkan nyeri.
  2. Dislokasi tulang panggul
    Dislokasi tulang panggul terjadi akibat benturan keras, dislokasi tulang panggul adalah tulang paha yang terlepas dari soketnya di tulang panggul.
  3. Patah tulang panggul
    Patah tulang panggung sebagian besar di sebabkan karena benturan langsung atau benturan yang terjadi melalui tulang paha. Patah tulang dapat terjadi karena jatuh dari ketinggian atau cedera akibat kecelakaan.
  4. Infeksi tulang atau osteomyelitis
    Infeksi tulang disebabkan karena adanya bakteri atau jamur yang masuk dalam tulang. Beberapa bagian yang ekrap terserang infeksi tulang yaitu bagian panggul, kaki dan tulang punggung.

Baca Juga : Fungsi Tulang Paha

Demikian artikel mengenai Fungsi Tulang Panggul . Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda mengenai pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.