Categories
Biologi

Bagian Otak Manusia dan Fungsinya Lengkap dengan Gambar serta Penjelasannya

Otak merupakan pusat dari keseluruhan tubuh yang mengendalikan seluruh fungsi tubuh manusia. Otak menjadi salah satu organ yang paling kompleks dan terbesar dalam tubuh serta menjadi pusat dari sistem saraf manusia. Jika otak sehat maka akan mendorong kesehatan dan mental manusia. Dan sebaliknya jika otak terganggu maka kesehatan tubuh dan mental akan ikut terganggu.

Otak merupakan bagian paling penting dalam tubuh manusia. Dapat digambarkan jika anggota tubuh seperti jantung dan paru-paru berhenti bekerja selama beberapa menit, manusia masih dapat bertahan hidup, sedangkan ketika otak berhenti selama satu detik saja maka tubuh manusia akan mati.

Selain memiliki peranan paling penting, otak manusia juga memiliki organ jaringan yang sangat rumit. Untuk itu kali ini kita akan membahas tentang bagian otak manusia dan fungsinya secara jelas dan lengkap dengan gambar untuk memudahkan pembaca memahami jaringan dan fungsi otak dalam tubuh manusia.

Pengertian Otak

Otak merupakan salah satu organ vital manusia yang memiliki tugas tertentu serta mempengaruhi sistem kerja organ tubuh. Otak menjadi salah satu organ paling kompleks dalam tubuh yang tersusun dari sejumlah jaringan pendukung dan miliaran sel saraf yang saling berhubungan. Otak terlindungi dari lapisan pembukus yaitu selaput otak (meninger), tulang tengkorak dan terhubung ke saraf tulang belakang.

Hubungan otak dengan saraf tulang belakang inilah membuat otak berperan sebagai pusat kendali tubuh dan menyusun sistem saraf pusat (SSP). Sistem saraf tersebut lalu bekerja sama dengan sistem saraf tepi untuk memberi kemampuan manusia dalam melakukan berbagai aktivitas seperti berbicara, bernapas, berjalan, makan dan minum.

Struktur Otak Manusia

Otak manusia terdiri dari dua sel, yaitu sel neuron dan sel glia. Glia merupakan sel yang melindungi dan melapisi neuron, sedangan Neuron adalah sel yang membawa informasi yang dibutuhkan dari tubuh ke otak. Neuron membawa informasi dalam bentuk potensial aksi. Antara neuron satu dengan neuron lainnya memiliki hubungan seperti rantai dan tidak terputus.

Selain membawa informasi dalam bentuk potensial aksi, neuron juga membawa neurotransmitter (suatu bahan kimia). Selanjutnya neurotransmitter dibawa dan dikirim melalui celah antara neuron yang disebut dengan sinapsis.

Seluruh makhluk hidup, khususnya manusia memiliki ratusan hingga jutaan neuron yang saling berkaitan untuk membawa informasi ke otak.

Bagian Otak Manusia

Otak manusia memiliki 3 bagian utama yaitu otak besar (cerebrum), otak kecil (cerebellum) dan batang otak (brainstem). Serta terdiri dari beberapa bagian penting lainnya seperti meninges, cairan serebrospinal, corpus callosum, kelenjar pituitari, kelenjar pineal, ventrikel, saraf kranial dan sistem limbik. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan dibawah ini.

Otak Besar (Cerebrum)

Cerebrum merupakan bagian otak yang terbesar, Cerebrum dibedakan menjadi dua bagian yaitu otak kanan dan otak kiri. Kedua bagian tersebut terhubung oleh serabut saraf dibagian bawahnya.

Otak sebelah kanan berfungsi mengontrol sisi kiri tubuh dan otak sebelah kiri berfungsi untuk mengontrol sisi kanan tubuh.

Permukaan luar pada Cerebrum disebut dengan Cerebral Cortex (grey matter) yaitu area otak yang mana sel saraf membuat koneksi yang disebut sinaps. Sinaps merupakan sistem saraf yang mengontrol aktivitas otak.

Bagian dalam Cerebrum terdapat sel-sel saraf yang terbungkus mielin yang berfungsi untuk menyampaikan informasi antara sel tulang belakang dan otak.

Otak Besar (Cerebrum) dibedakan menjadi 4 bagian yang disebut dengan lobus yaitu lobus frontal (depan), lobus temporal (samping), lobus parietal (atas), dan lobus oksipital (belakang).

  • Lobus frontal adalah bagian terdepan dari struktur otak besar dan terletak di belakang dahi. Lobus frontal berfungsi mengendalikan ucapan, perilaku, kepribadian, memori, emosi dan fungsi intelektual seperti proses penalaran, berpikir, pemecahan masalah, perencanaan dan pengambilan keputusan, gerakan, kepribadian, proses intelektual serta interaksi.
  • Lobus oksipital adalah bagian otak besar yang terletak paling belakang. Lobus berkaitan dengan penglihatan (visual) manusia, hal tersebut yang membuat tubuh mampu membedakan berbagai hal yang dapat dilihat oleh mata. Lobus oksipital berfungsi untuk memproses, menerima dan mengartikan informasi sensoris.
  • Lobus parietal adalah bagian otak besar yang terletak di bagian tengah. Lobus parietal memiliki tanggung jawab terhadap lima indra manusia. Lobus parietal berfungsi mengendalikan orientasi spasial yaitu pemahaman bentuk, ukuran dan arah serta mengendalikan sensasi meliputi sentuhan, tekanan, suhu dan nyeri.
  • Lobus temporal adalah bagian otak besar yang terletak di bagian kanan dan bagian kiri otak. Lobus temporal berfungsi mengatur input sensoris, produksi bahasa dan ucapan, persepsi pendengaran dan daya ingat.

Otak Kecil (Cerebellum)

Otak kecil terletak di bagian bawah otak besar tepatnya dibagian bawah lobus oksipital. Sama saja dengan otak besar, otak kecil terdiri dari belahan otak yaitu berwarna putih dan abu-abu.

Otak kecil berfungsi mengatur keseimbangan, mengatur sikap, gerakan, posisi maupun postur tubuh hingga koordinasi otot. Selain itu, cerebellum juga berperan penting dalam kemampuan seseorang dalam melakukan tindakan dengan cepat dan berulang. Selain itu, cerebellum juga berperan penting dalam mengendalikan gerakan halus.

Cerebellum dibagi menjadi 3 bagian, antaralain:

  • Spinoserebelum yaitu bagian otak kecil yang berfungsi sebagai pengendali kemampuan otot dan gerakan tubuh.
  • Vestibuloserebelum yaitu bagian otak kecil yang berfungsi sebagai pengendali dan menjaga keseimbangan pergerakan mata.
  • Sereberoserebelum yaitu bagian otak kecil yang berfungsi menyimpan memorii, melakukan perencanaan dan menginisiasi gerakan yang disadari.

Batang Otak (Brainstem)

Batang otak adalah rangkaian jaringan saraf dibagian dasar otak yang berperan sebagai pemancar yang menghubungkan cerebrum dengan saraf tulang belakang. Brainstem juga berfungsi mengirim dan menerima pesan dari bagian tubuh dan otak.

Brainstem memiliki saraf kranial untuk mengendalikan pendengaran, menelan, gerakan mata dan gerakan otot wajah, leher, bahu, dan lidah. Saraf kranial yang berperan untuk penglihatan dan penciuman berasak dari otak besar.

Brainstem terdiri dari 3 struktur utama, yaitu:

  • Otak tengah (Midbrain) adalah pusat gerak okular sebagai penghubung antara otak besar dan otak kecil. Otak tengah berkaitan dengan proses penglihatan manusia.
  • Medulla oblongata adalah titik awal mulainya saraf menuju ke tulang belakang lalu diteruskan ke seluruh tubuh. Medulla oblongata berfungsi mengendalikan fungsi pernapasan, menelan, tekanan darah dan irama jantung. Selain itu medulla oblongta juga berperan pada proses pengendalian fungsi otomatis organ-organ manusia.
  • Pons adalah bagian brainstem yang terletak dibawah Medulla oblongata. Pons berfungsi mengatur dan meneruskan semua informasi ke bagian otak yang lainnya. Pons berkaitan erat dengan koordinasi gerakan wajah dan mata serta menangkan sensasi di bagian wajah, pendengaran dan keseimbangan.

Bagian Penting Otak lainnya

Selain ketiga bagian utama diatas, terdapat beberapa bagian-bagian otak lainnya yang memiliki fungsi penting, antara lain:

  • Meninges
    Meninges adalah membran tipis yang berfungsi sebagai penutup dan pelindung otak dan saraf tulang belakang. Meninges terdiri dari tiga lapisan yaitu lapisan luar paling tebal (dura mater), membran tengah dan tipis (lapisan arachnoid) dan lapisan dalam (pia mater).
  • Corpus Callosum
    Corpus Callosum adalah rangkaian serabut saraf yang terletak antara dua belahan otak. Serabut saraf tersebut berfungsi sebagai penghubung dan mengkomunikasikan antara kedua belah otak kanan dan otak kiri.
  • Cairan Serebrospinal
    Cairan Serebrospinal adalah cairan jernih dan bening yang melindungi dan mengelilingi otak serta saraf tulang belakang. Cairan Serebrospinal berfungsi menghilangkan produk limbah atau sisa metabolisne dari otak, membawa nutrisi melalui darah ke otak, melindungi dan membasahi otak serta saraf tulang belakang. Cairan serebrospinal bersikulasi lewat bilik yang disebut ventrikel yang ada di otak. Cairan serebrospinal berasal dari Pleksus koroid yang ada dibagian ventrikel di otak.
  • Talamus
    Talamus adalah bagian dari otak tengah yang memiliki 2 lobus. Talamus berfungsi sebagai pemancar karena seluruh informasi yang datang dan berjalan diantara otak dan semua sistem tubuh.
  • Hipotalamus
    Hipotalamus adalah struktur kecil yang ada di tengah otak atau dibawah talamus. Hipotalamus berfungsi sebagai pengendali suhu tubuh, sistem reproduksi, emosi, nasfu, produksi hormon, tekanan darah dan pola tidur.
  • Kelenjar pituitari (hipofisis)
    Kelenjar pituitari (hipofisis) merupakan bagian organ kecil yang letaknya di dasar otak. Kelenjar hipofisis menghasilkan hormon yang berfungsi mengatur serta merangsang kelenjar lain ditubuh untuk bekerja. Hormon yang dihasilkan dari kelenjar pituitari (hipofisis) seperti oksitosin, LH, FSH, TSH, antidiuretik, adrekortikotropin, dan hormon pertumbuhan.
  • Ventrikel
    Ventrikel merupakan sebuah ruang yang berisi cairan dalam otak. Otak terdiri dari 4 ventrikel yaitu 2 ventrikel samping di belahan otak besar, di tengah otak, dan di belakang otak. Ventrikel memiliki hubungan yang saling berkaitan satu sama lain oleh rangkaian tabung. Cairan yang ada dalam ventrikel disebut dengan cairan serebrospinal.
  • Kelenjar pineal
    Kelenjar pineal merupakan kelenjar berukuran kecil yang ada di ventrikel otak. Kelenjar pineal berfungsi dalam perkembangan sistem reproduksi dan menghasilkan hormon melatonin yang dapat mempengaruhi pola tidur sehari-hari.
  • Saraf Kranial
    Otak juga memiliki 12 pasang saraf kranial yang memiliki fungsi spesifik dibagian kepala dan leher. 12 pasang saraf kranial tersebut terbagi-bagi, 1 pasang berada di otak besar dan 11 pasang lainnya berada di batang otak. Saraf kranial berfungsi untuk mengendalikan pergerakan mata dan otot wajah, mempengaruhi indra pendengaran dan indra perasa, mengendalikan otot, menjaga keseimbangan tubuh serta mengendalikan kerja organ dalam tubuh.
  • Sistem limbik
    Sistem limbik merupakan bagian yang bertanggung jawab untuk perasaan dan emosi. Sistem limbik terbagi menjadi 4 komponen yaitu hipotalamus, talamus, amigdala dan hippocampus.

Fungsi Otak Manusia

Otak merupakan organ vital manusia yang memiliki peran penting bagi tubuh manusia. Berikut ini beberapa fungsi otak yang perlu diketahui, antara lain:

  • Otak berfungsi sebagai sensor terhadap perasaan seperti respon sentuhan, rasa sakit, tekanan dan tertekan.
  • Otak dapat mengontrol otak secara otomatis salah satunya seperti mengatur sirkulasi darah, mengatur detak jantung, mengatur sistem pencernaan dan mengatur pernapasan.
  • Otak sebagai penerjemah verbal sehingga membuat seseorang dapat mendengar, memahami bahasa yang disampaikan dalam bentuk suara dan dapat memahami informasi.
  • Otak sebagai penerjemah visual contohnya seperti membesarkan atau mengecilkan pupil mata, menggerakkan bola mata dan mengatur gerakan tubuh.
  • Otak sebagai pusat masukan beragam informasi visual lalu selanjutnya diartikan dalam bentuk penglihatan yang sama dengan informasi visual yang didapat.
  • Otak sebagai pusat untuk mengatur koordinasi gerak otot tubuh dan keseimbangan.
  • Otak berfungsi sebagai pusat regulasi untuk bergerak maupun beraktivitas, merangkan kreativitas, menyelesaikan masalah, membuat perencanaan, mengontrol perasaan, memberikan penilaian, serta mengontrol perilaku yang berhubungan dengan seksual.
  • Otak juga menghasilkan perasaan, mengatur produksi hormon, mengatur emosi, menjaga homeostasis, mengatur metabolisme tubuh dan lainnya.
  • Selanjutnya otak juga berfungsi untuk menjaga tubuh ketika keadaan tidur atau terjaga.

Demikian artikel mengenai Bagian Otak Manusia dan Fungsinya . Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda mengenai pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.