Categories
Biologi

Sentrosom – Pengertian, Struktur, Letak dan Fungsi Sentrosom Dengan Penjelasan Terlengkap

Sentrosom merupakan organel sebagai tempat utama mikrotubulus sel diatur dengan memiliki berbentuk tabung yang ditemukan pada sel eukariotik. Sentrosom berfungsi membentuk silia dan flagela serta memproses pembelahan sel dalam membentuk benang spindel. Untuk mengetahui lebih lengkap tentang sentrosom, berikut ini penjelasan lebih lengkap tentang pengertian sentrosom, struktur sentrosom, letak dan fungsi sentrosom dengan penjelasannya.

Baca Juga : Pengertian Pembelahan Sel

Pengertian Sentrosom

Sentrosom pertama kali ditemukan ditemukan oleh ilmuan asal Belgia bernama Edouard Van Beneden di tahun 1883. Lalu lima tahun kemudian tepatnya pada tahun 1888 penemuan tersebut diberi naman Sentrosom oleh Theodor BOveri.

Sentrosom adalah organel sel yang terdiri dari dua sentriol yang dibagian sekelilingnya terdapat sebuah bahan pericentriolar dan terlibat dalam proses seluler beragam termasuk penerimaan sensorik, penggerak, dan embriogenesis.

Baca Juga : Pengertian Membran Plasma

Struktur Sentrosom

Dalam organel sel sentriol terdapat satu sel dengan satu pasang sentriol yang letaknya berdampingan dan tegak lurus. Organel tersebut mirip dengan tabung atau silinder dengan rangka mikrotubula tersusun secara radial.

Mikrotubula terdiri dari 3 rangka dan disetiap rangka sentriol terdapat sekitar 9 rangka. Rangka-rangka tersebut ditutupi oleh matriks kental yang terletak di salah satu ujung sentriol.

Sentriol memiliki panjang 0,3 – 0,5 µm, lebar 0,2 µm dengan diameter 0,15 µm. Sentrol berfungsi membentuk benang spindel untuk memisahkan sel kromosom.

Tiap 9 mikrotubula sentriol terdiri 3 buah sub unit miktotubula yang disebut dengan unit A, B dan unit C. Dalam pengurutan nama dimulai dari sub unit yang letaknya paling dalam memiliki diamter sekitar 200-260.

Struktur tubula A, B, dan C memiliki ukuran yang sama dengan sun struktur lainnya. Yaitu tiap-tiap sub struktur A dalam komponen akan sama dengan sub struktur A di komponen lainnya. Hal tersebut berlaku juga untuk sub unit B dan C.

Baca Juga : Pengertian Sel Prokariotik

Letak Sentrosom

Setrosom umumnya terletak di bagian sebelah inti sel dan menempel. Dalam sentrosom terkandung sepasang organel yang disebut Sentriol yang terletak tegak lurus satu sama lain. Masing-masing sentriol terdiri dari sembilan kelompok dengan tiga mikrotubulus yang menjadi menyatu dan disusun dalam formasi cincin.

Mikrotubulus memiliki struktur silinder yang terlibat dalam banyak proses seluler dan terhadap gerakan transportasi dalam sel. Sentrosom dapat membantu dan mengatur mitosis yaitu proses satu sel memisahkan menjadi dua salinan identik dari aslinya.

Baca Juga : Pengertian Ribosom 

Fungsi Sentrosom

Dibawah ini fungi-fungsi sentrosom dalam organel sel, antara lain:

  • Berperan penting dalam proses pembentukan spindle selama proses pembelahan sel berlangsung.
  • Sentrosom mampu menentukan titik yang nantinya akson akan tumbuh ketika perkembangan neuron berlangsung.
  • Pembentukan jaringan mikrotubukus yang terlibat dalam pembuatan sitoskeleton
  • Berfungsi dalam inisiasi sitokinesis
  • Dapat menyisihkan molekul sinyal (contoh, mRNA) yang nantinya akan masuk ke salah satu atau dua anak sel yang didapatkan oleh mitosis.

Baca Juga : Pengertian Mitokondria

Demikian artikel mengenai Pengertian Sentrosom. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda mengenai pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam.